Tentunya kami juga berharap langkah ini dapat membantu pemerintah untuk mengembalikan harga tiket pesawat pada keadaan normal. Namun, lebih jauh kami berharap program ini dapat mendorong percepatan pemulihan kinerja sektor pariwisata
Jakarta (ANTARA) -
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkolaborasi dengan Garuda Indonesia dan Lion Air Group di bawah koordinasi Kementerian Perhubungan dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk menekan harga tiket pesawat.
 
Kolaborasi ini diwujudkan melalui Program Terbang Hemat Bersama BNI 2022 yang diluncurkan di Jakarta, Kamis. Program ini membuka peluang bagi pengguna moda transportasi udara untuk mendapatkan tiket penerbangan yang lebih terjangkau.
 
Peluncuran program tersebut disaksikan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Wakil Menteri II BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra, pemilik Lion Air Group Rusdi Kirana, Presiden Direktur Lion Group Daniel Putut Kuncoro Adi, Direktur Utama Lion Air Rudy Lumingkewas, dan Direktur Utama BNI Royke Tumilaar.
 
Direktur Utama BNI Royke Tumilaar dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis, mengatakan tingkat mobilitas perjalanan domestik maupun luar negeri mengalami pertumbuhan bersamaan dengan pelonggaran ketentuan perjalanan oleh pemerintah.
 
“Tentunya kami juga berharap langkah ini dapat membantu pemerintah untuk mengembalikan harga tiket pesawat pada keadaan normal. Namun, lebih jauh kami berharap program ini dapat mendorong percepatan pemulihan kinerja sektor pariwisata,” kata Royke.
 
Sementara itu, Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menyatakan komitmen kerja sama yang terjalin bersama BNI ini menjadi wujud sinergi ekosistem industri transportasi udara khususnya melalui kolaborasi bersama sektor perbankan dalam menjawab kebutuhan masyarakat terhadap aksesibilitas layanan penerbangan yang aman, nyaman, dan terpercaya.
 
Hal ini sejalan dengan wujud upaya berkelanjutan Garuda Indonesia dalam menghadirkan berbagai keuntungan tambahan atas layanan penerbangan full service Garuda dengan harga spesial melalui berbagai program penawaran spesial tiket penerbangan Garuda Indonesia.
 
"Tentunya komitmen ini ke depannya akan terus kami intensifkan selaras dengan momentum kebangkitan sektor pariwisata nasional. Kami harap sinergi bersama BNI yang telah berjalan baik selama ini dapat terus dikembangkan dan memberikan manfaat dan kontribusi positif bagi masyarakat," ungkap Irfan.
 
Dia melanjutkan, jalinan kerja sama dengan BNI telah berlangsung selama lebih dari 10 tahun pada berbagai gelaran promosional layanan penerbangan Garuda Indonesia, termasuk Garuda Indonesia Travel Fair, sehingga menjadi manifestasi bagi Garuda untuk terus memberikan pilihan ragam nilai tambah aksesibilitas layanan penerbangan yang terjangkau seluruh masyarakat Indonesia.
 
"Komitmen ini akan terus kami hadirkan melalui berbagai inovasi kolaboratif bersama BNI untuk terus mengoptimalkan sinergi dalam menjalankan perannya sebagai bagian dari BUMN guna terus berkontribusi dalam mendukung momentum pemulihan ekonomi nasional, khususnya melalui percepatan kebangkitan sektor pariwisata," tegasnya.
 
Presiden Direktur Lion Group Daniel Putut Kuncoro Adi menyambut baik inisiasi dan kolaborasi tersebut sejalan memberikan manfaat lebih kepada nasabah, calon penumpang dari layanan perbankan, dan penerbangan. Inovasi ini dapat mempermudah persiapan perjalanan udara yang diharapkan mampu menjawab dan mengakomodir tingginya kebutuhan permintaan pasar.
 
"Kolaborasi ini merupakan bagian komitmen bersama perbankan dan penerbangan dalam mendukung upaya program percepatan pemulihan perekonomian daerah serta nasional," ucap Daniel.

Menteri Perhubungan Budi Karya mengapresiasi kolaborasi yang akan sangat bermanfaat dalam mempertemukan kemampuan operasional maskapai dengan daya beli masyarakat yang baru pulih ini.

Sedangkan Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo menyampaikan akan mendorong Garuda Indonesia untuk proaktif menambah pesawat untuk mengoptimalkan kebutuhan perjalanan.
 
BNI menawarkan berbagai program promosi bersama beberapa mitra setia di antaranya Garuda Indonesia, Lion Air Group, dan Traveloka. Saat ini, sedang berlangsung berbagai program dalam bentuk diskon, cashback, cicilan nol persen, serta Diskon tambahan menggunakan BNI Rewards Point.
 
Di samping itu, BNI memiliki berbagai jenis produk Kartu Co-branding Garuda Indonesia dan Batik Air yang secara khusus memberikan penawaran eksklusif kepada para nasabah yang melakukan perjalanan menggunakan maskapai penerbangan terpilih.
 
Adapun program yang ditawarkan meliputi welcome cashback atau miles, cashback untuk top spender, special mileage program, hingga exclusive privilege di Bandara, serta dilengkapi berbagai fitur menarik lainnya.


Baca juga: Menhub apresiasi maskapai dan perbankan promosi harga tiket pesawat
Baca juga: Kemenhub terus upayakan harga tiket pesawat kembali stabil
Baca juga: Harga tiket pesawat komponen penting pengendalian inflasi

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022