Jakarta (ANTARA/JACX) - Jelang masa jabatan sebagai Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan banyak dibahas oleh warganet di berbagai platform media sosial.

Salah satu unggahan tentang Anies Baswedan yang muncul adalah klaim pengakuan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu sebagai perancang desain Lapangan Banteng di Jakarta.

Unggahan video yang muncul di Twitter pada 3 Mei 2022 itu mengklaim Anies telah mengaku sebagai perancang Lapangan Banteng.

Video berdurasi 34 detik itu menampilkan Anies yang memakai baju berwarna merah sedang berpidato pada malam hari.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:
“@anies MENGAKU Rancangan Lapangan Banteng dia yang merancang! Mau MENUTUP SEJARAH PRESTASI @basuki_btp.. Kasihan kau penuh KEBOHONGAN Anies!Malu lo diteriakin”

Namun, benarkah video itu menampilkan Anies Baswedan yang mengaku telah merancang desain Lapangan Banteng?
 
Unggahan hoaks yang menyatakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim sebagai perancang revitalisasi Lapangan Banteng di Jakarta Pusat. (Twitter)


Penjelasan:
Video pidato Anies Baswedan berbaju merah pada malam hari itu merupakan bagian dari acara peresmian revitalisasi Lapangan Banteng di Jakarta Pusat pada 25 Juli 2018, seperti dilaporkan ANTARA.

Namun, acara peresmian revitalisasi Lapangan Banteng itu juga diwarnai kegaduhan sekelompok orang.

ANTARA melaporkan sejumlah warga yang datang mengikuti persemian itu berteriak sehingga mengganggu warga lain yang ingin menikmati acara.

Sementara dalam laporan Kumparan, Anies menyebut nama arsitek yang merencanakan revitalisasi itu yaitu Gregorius Antar Awal, atau disebut juga Yori Antar.

"Yang juga perlu secara khusus kita beri apresiasi yang merancang dan menyiapkan grand design dari nol, bapak Yori Antar," demikian ucap Anies.

Tempo, di sisi lain, melaporkan Anies menyebut nama-nama lain yang juga berkontribusi terhadap perwujudan Lapangan Banteng sebagai ruang publik di Jakarta.

"Yang saya hormati juga, keluarga yang mewakili para kreator yang karyanya masih tegak berada di Lapangan Banteng ini, keluarga Henk Ngantung, keluarga bapak Edi Sunarso, keluarga bapak Agus Bimara, keluarga bapak Rosdi Husein," kata Anies.

Kepada Detikcom, Yori Antar menyatakan Anies tidak menyebut nama dirinya sendiri meskipun dia juga tidak menyebut nama Basuki Tjahaja Purnama, atau dikenal pula dengan nama Ahok.

"Tentunya nama saya mewakili semuanya. Saya kan arsitek yang disuruh pak Sumarsono, pak Djarot, pak Ahok juga," kata Yori.

Klaim: Video Anies Baswedan mengaku rancang desain Lapangan Banteng
Rating: Hoaks/salah

Cek fakta: Hoaks! Video Anies Baswedan berkali-kali salah ucapkan sumpah jabatan

Baca juga: Lapangan Banteng jadi lokasi Jakarta Hajatan karena aspek historis

Baca juga: Pemprov DKI akan gelar penampilan musik dan dakwah di Lapangan Banteng

Pewarta: Tim JACX
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2022