Jakarta (ANTARA) - Akhir-akhir ini, kata "healing" semakin sering dan akrab dikenal masyarakat, khususnya lewat di media sosial.

Secara singkat, healing dapat diartikan sebagai upaya kita memberikan waktu kepada diri sendiri untuk beristirahat sejenak dari kesibukan sehari-hari.

Baca juga: Nana Mirdad ingin punya rumah di Selandia Baru

Salah satu alasan utama mengapa kita perlu meluangkan waktu untuk sesekali melakukan healing adalah demi menjaga kesehatan mental serta kembali membangkitkan semangat sekaligus menghindari kelelahan mental.

Kreator konten sekaligus selebriti Andrew White juga kerap kali melakukan self healing dengan cara berkegiatan di luar ruangan dan ia membagikan tipsnya untuk masyarakat agar bisa nyaman berkegiatan di luar ruangan.

“Yang paling penting adalah mulai aja dulu, lakukan aktivitas yang mudah dan gak terlalu menantang. Untuk membuat kamu lebih terbiasa, kamu juga bisa membuat rutinitas dan menentukan seberapa sering kamu ingin latihan melakukan aktivitas outdoor, frekuensinya bisa kamu sesuaikan dengan jadwalmu,” kata Andrew dalam siaran pers dari Shopee, Jumat.

Baca juga: Nana Mirdad: Orangtua bahagia, anak bahagia

Bagi Andrew, melakukan sejumlah rekreasi di alam baik sendiri maupun bersama keluarga menjadi salah satu opsi favorit untuk melepas penat setelah selesai menjalankan kesibukan sehari-hari.

Momen itu dikenal juga sebagai bahasa kasih bernama "Quality Time" yang termasuk sebagai salah satu cara untuk mengisi kebahagiaan bersama orang-orang tercinta

"Menurut aku dengan menggunakan aktivitas outdoor sebagai sarana healing dan quality time untuk aku dan keluarga membuat hubungan kami jadi lebih erat, berkomunikasi dengan lebih baik, dan tentunya memberikan pengalaman liburan yang lebih berkesan," katanya.

Selain menyiapkan waktu untuk menghabiskannya bersama orang-orang yang dikasihi, tentunya anda juga harus mempersiapkan jenis aktivitas yang akan dilakukan.

Dengan preferensi setiap orang yang berbeda-beda, Andrew menyarankan agar anda bisa mencari aktivitas yang bisa diikuti oleh banyak orang dan bisa dinikmati di setiap prosesnya.

Baca juga: Gaya ngemil Andrew White

“Untuk aktivitas yang lebih menantang, aku pribadi suka banget hiking, surfing, dan kayaking. Tapi, kalau lagi mau yang lebih santai, kadang cycling di sekeliling rumah bareng keluarga juga cukup banget kok,” cerita suami dari Nana Mirdad itu.

Setelah menyiapkan aktivitas, pastikan anda juga menyiapkan diri dan peralatan sehingga kegiatan di luar ruangan untuk self healing" bisa semakin sempurna.

Mulai dari peralatan mendasar seperti pakaian dan sepatu harus diperhatikan apakah sesuai dengan kondisi kegiatan di luar ruangan.

Pastikan juga anda selalu membawa botol minum dengan bobot ringan namun bisa menampung banyak air agar tidak mudah dehidrasi.

Tidak hanya itu, Andrew menyarankan agar anda bisa membawa topi dan tabir surya agar tetap bisa menjaga kondisi kulit tetap sehat meski terpapar sinar matahari untuk durasi yang panjang.

Tentunya jangan lupa bawa perbekalan makanan dan minuman yang bernutrisi sehingga mampu memberikan energi yang pas saat beraktivitas.

“Untuk tips yang terakhir dan paling penting, jangan sampai lupa bahwa tujuan utama kamu melakukan aktivitas outdoor adalah untuk self healing. Maka itu, selalu pastikan bahwa kamu have fun saat melakukan aktivitas pilihanmu, ya!” tutup Andrew.


Baca juga: Tips antibosan berolahraga ala Nana Mirdad

Baca juga: Rahasia Nana Mirdad atasi jerawat

Baca juga: Nana Mirdad: madu boosting tidur lebih nyenyak

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022