Pengamanan di tempat-tempat wisata di Palangka Raya berpotensi didatangi para peserta usai mengikuti kejuaraan tersebut, maka dari itu pengamanan tetap kita lakukan
Palangka Raya (ANTARA) - Tim gabungan dari TNI, Polri dan Satpol-PP dengan jumlah total 678 personel dikerahkan dalam pengamanan kejuaraan sepeda UCI MTB Eliminator World Cup 2022 yang dilaksanakan pada Minggu (28/8) di Stadion Tuah Pahoe Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol K Eko Saputro di Palangka Raya, Jumat, mengatakan seluruh personel yang dilibatkan ada yang ditempatkan di sekitar Stadion Tuah Pahoe, hotel peserta dan sejumlah lokasi wisata yang akan dikunjungi para peserta kejuaraan sepeda dunia tersebut.

“Pengamanan di tempat-tempat wisata di Palangka Raya berpotensi didatangi para peserta usai mengikuti kejuaraan tersebut, maka dari itu pengamanan tetap kita lakukan,” katanya.

Baca juga: Besok pebalap sepeda top dunia jajal sirkuit Stadion Tuah Pahoe

Pada Jumat ini juga tim gabungan sudah melakukan geladi bersih terkait pengamanan di sejumlah titik, agar pada hari pelaksanaannya nanti perhelatan internasional tersebut berjalan dengan lancar dan tanpa ada hambatan.

Maka dari itu tim gabungan yang terlibat, selain langsung ditempatkan di lokasi yang menjadi tanggung jawabnya, mereka juga sudah diberi arahan jelas oleh perwira pengendali yang nantinya terus akan dipantau.

“Rencananya Ketua ISSI pusat Sigit Listyo Prabowo datang, namun belum bisa memastikan terkait itu. Sedangkan untuk Presiden RI Joko Widodo tidak hadir,” jelas dia.

Perwira Polri berpangkat melati tiga itu menjelaskan, dalam kejuaraan sepeda gunung dunia ini nantinya akan dilakukan pengalihan arus di sekitar arena sirkuit yang terletak di kompleks Stadion Tuah Pahoe Palangka Raya.

Rekayasa lalu lintas tersebut nantinya akan dilakukan Ditlantas Polda Kalteng bersama Satlantas Polresta Palangka Raya dan Dinas Perhubungan setempat.

Baca juga: Besok pebalap sepeda top dunia jajal sirkuit Stadion Tuah Pahoe

“Ruas Jalan Tjilik Riwut menuju arah arena akan diberlakukan buka tutup selama dua hari. Kemudian pada hari H nantinya akan diberlakukan tutup total selama kejuaraan berlangsung,” jelasnya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, para pengendara yang melintas di Jalan Tjilik Riwut menuju arah Bundaran Besar dialihkan menuju Jalan Hiu Putih, sedangkan pengendara dari Jalan Tjilik Riwut arah Tangkiling dialihkan ke arah Jalan Badak.

Sementara itu terpantau pula belasan atlet Indonesia putra dan putri terus melaksanakan latihan di arena UCI MTB untuk mendapatkan hasil terbaik di ajang sepeda dunia itu.

Baca juga: Pebalap sepeda dunia terkesan dengan keindahan trek di Palangkaraya
Baca juga: Tarian kahanjak atei sambut puluhan atlet UCI MTB di Palangka Raya

Pewarta: Kasriadi/Adi Wibowo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022