Kami sudah menyampaikan undangan ke Presiden
Jakarta (ANTARA) - Ketua Organizing Committee (OC) atau Panitia Pelaksana UCI MTB Eliminator World Cup 2022, Agustiar Sabran, berharap Presiden Joko Widodo hadir dan membuka seri kedelapan Piala Dunia Balap Sepeda 2022 di kawasan Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Minggu (28/8).

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat, Agustiar menyebut Palangkaraya wakili Indonesia sebagai satu-satunya negara di Asia Tenggara yang ditunjuk sebagai tuan rumah ajang balap sepeda bergengsi di dunia tersebut.

Menurutnya, UCI MTB Eliminator World Cup 2022 memiliki taraf yang hampir sama dengan dua ajang besar yang sebelumnya bergulir di Indonesia, yakni MotoGP Mandalika dan Formula E di Jakarta.

Baca juga: 678 personel tim gabungan dikerahkan amankan UCI MTB

Melalui UCI MTB Eliminator World Cup 2022 dan Palangkaraya, Indonesia, lanjut Agustiar, bakal menjadi sorotan dunia. Untuk itu, dia berharap Jokowi dapat membuka ajang tersebut.

"Kami sudah menyampaikan undangan ke Presiden. Kami sudah berkoordinasi dan memohon supaya kalau bisa seperti ke Mandalika dan Formula E Presiden Bisa hadir," kata Agustiar Sabran.

"Sebab, Kalimantan Tengah bagian Indonesia juga. Tapi kami semua memaklumi kesibukan beliau terkait negara, persiapan G-20. Masa-masa transisi pandemi. Peluangnya mungkin 50-50," ujarnya menambahkan.

Dalam kesempatan ini, Agustiar juga mengungkapkan UCI MTB Eliminator World Cup 2022 akan disiarkan langsung ke-132 negara.

Baca juga: Atlet Indonesia fokus latihan kecepatan dan ketepatan jelang UCI MTB

Momen ini dinilai tepat untuk menyampaikan bahwa Indonesia sudah berhasil keluar dari jeratan pandemi COVID-19.

"Kami memohon beliau hadir juga seperti di Mandalika dan Formula E yang diikuti 32 negara. Selain itu juga disiarkan ke 132 negara. Tentunya menyangkut martabat negara juga bukan hanya Kalimantan Tengah saja," ujarnya.

Selain itu, Agustiar juga mengharapkan kehadiran Ketua DPR RI, Puan Maharani, serta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Kami juga sudah mengundang beliau Mbak Puan dan Pak Listyo. Kalau ada waktu kami memohon. Beliau datang ke Mandalika dan Formula E, kenapa enggak ke sini," kata pria yang juga menjabat sebagai anggota Komisi III DPR RI tersebut.

Baca juga: Atlet mancanegara berpartisipasi dalam penghijauan di Kalteng
Baca juga: Pebalap sepeda dunia terkesan dengan keindahan trek di Palangkaraya

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022