Jakarta (ANTARA) - Jenama InfinityLab dari HARMAN International menghadirkan beragam produk pengisi daya InstantGo yang terdiri dari dua jenis, yaitu versi nirkabel seperti InstantGo 10000 Wireless dan InstantGo 5000 Wireless, serta versi dengan kabel Built-in Lightning Cable 30W PD dan Kabel USB-C Internal 30W PD.

Banyak pengguna khawatir mengenai tingkat keamanan selama menggunakan produk power bank, namun InfinityLab mengklaim produknya dirancang dengan teknologi canggih yang berfokus pada keamanan.

Berikut adalah keunggulan-keunggulan power bank InstantGo yang membuat pengguna tidak perlu terlalu khawatir lagi mengenai mitos-mitos negatif tentang power bank, dikutip dari siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat.

Baca juga: realme perkuat AIoT di Indonesia, bawa earphone hingga smart camera

Short-circuit protection

Banyak orang yang khawatir pemakaian power bank dari waktu ke waktu akan merusak baterai gawai (gadget). Power bank sebetulnya sama saja dengan charger biasa pada umumnya. Selama tingkat voltase power bank di bawah batas aman maka tentu tidak perlu khawatir.

Dengan teknologi short-circuit protection, over charge/discharge control, temperature control, dan overvoltage & overcurrent protection yang dimiliki oleh InstantGo, pengguna tidak perlu lagi khawatir akan overcharge yang biasa menyebabkan kebocoran baterai.

Desain kuat tahan lama

Banyak orang juga khawatir menggunakan gawai sambil mengisi daya di power bank akan membuat baterai gawai cepat rusak.

Sebetulnya menggunakan gawai sambil mengisi daya boleh-boleh saja, namun proses pengisian daya akan bertambah lama mengingat daya yang masuk langsung terpakai.

Perusahaan mengklaim InfinityLab InstantGo didesain kuat tahan lama, bahkan mampu untuk mengisi daya tiga gawai sekaligus hingga dapat mengisi daya satu laptop kecil dengan pengisian daya cepat 30W PD.

Power Delivery 3.0 InfinityLab
​​​​​​​

Bagi pengguna yang menganggap pengisian daya dengan power bank membutuhkan waktu lebih lama dan daya yang diperoleh juga akan cepat habis, hal ini tergantung oleh jenis power bank yang digunakan.

Secara umum power bank yang berkualitas tinggi memiliki kekuatan pengisian daya yang setara dengan charger biasa dan daya yang diperoleh juga sama saja seperti ketika menggunakan charger biasa.

Power Delivery 3.0 InfinityLab memungkinkan InstantGo untuk mengisi daya ulang hingga 50 persen, contohnya hanya dalam 40 menit untuk mengisi daya Samsung Galaxy S212, 70 menit untuk Galaxy Tab S72, atau 70 menit untuk MacBook Air (2020), dan hanya 4 jam untuk mengisi penuh daya InstantGo power bank.

Dibekali teknologi Gallium Nitride

Power bank kerap dikatakan berbahaya dan rentan meledak, kemungkinan penyebabnya adalah overheating di mana ketika dipakai power bank menjadi terlalu panas.

Hal tersebut, klaim InfinityLab, jarang terjadi pada power bank berkualitas tinggi seperti InstantGo yang dibekali dengan teknologi Gallium Nitride (GaN).

Teknologi GaN merupakan sebuah inovasi untuk menggantikan silikon dalam produk elektronik pengisi daya yang telah digunakan di industri Aerospace EV, dan 5G, yang menghasilkan Adaptor yang lebih kecil dan jauh lebih ringan hingga 50 persen daripada perangkat pengisi daya standar dan menjadikan nya lebih efisien karena lebih sedikit energi yang hilang karena panas.

Baca juga: Kemenparekraf dorong mesin peminjaman power bank ada di tempat wisata

Baca juga: ReCharge hadirkan layanan di KRL hingga MRT permudah mobilisasi warga

Baca juga: Tips memilih "power bank" sesuai kebutuhan dan jenis ponsel

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022