Moskow (ANTARA) - Rubel Rusia dibuka datar dalam perdagangan pada Jumat, karena pembayaran pajak akhir bulan oleh eksportir membantu menjaga mata uang tersebut tetap berada di sekitar level acuan 60 terhadap dolar AS.

Mata uang Rusia tidak berubah terhadap dolar pada 60,13 pada pukul 07.23 GMT, dan telah tergelincir 0,3 persen terhadap euro untuk diperdagangkan pada 59,74.

Rubel telah menjadi mata uang dengan kinerja terbaik di dunia tahun ini, didukung oleh kontrol modal darurat yang diluncurkan oleh bank sentral dalam upaya untuk menghentikan aksi jual massal setelah Rusia mengirimkan tentaranya ke Ukraina.

Analis mengatakan pembayaran pajak akhir bulan, yang biasanya melihat eksportir Rusia mengubah pendapatan mata uang asing mereka menjadi rubel untuk membayar pajak ke kementerian keuangan, mendukung rubel minggu ini.

Indeks saham Rusia melihat lebih banyak pergerakan, dengan indeks RTS berdenominasi dolar turun 0,5 persen pada menit pertama perdagangan di Moskow, turun ke 1.177,1 poin. Indeks MOEX Rusia berbasis rubel datar di 2.246,2 poin.

Ada beberapa penggerak pergerakan baik untuk mata uang Rusia atau saham yang diharapkan pada Jumat, Zarina Saidova, seorang analis di broker Finam yang berbasis di Moskow mengatakan.

"Volume perdagangan sangat rendah karena musim liburan. Sementara itu, latar belakang eksternal tidak terlalu buruk - optimisme berlaku di pasar AS dan Eropa," katanya, seraya menambahkan pasar sebagian besar terhenti karena mereka menunggu komentar dari Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell di Jackson Hole hari ini.

Baca juga: Rubel stabil di dekat 60 terthadap dolar, saham TCS dan M.Video jatuh
Baca juga: Rubel Rusia tergelincir dari dekat tertinggi 4 minggu terhadap dolar
Baca juga: Rubel Rusia stabil, obligasi sedikit menguat di tengah data inflasi

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022