Jakarta (ANTARA) - Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang asuransi tabungan hari tua dan dana pensiun bagi aparatur sipil negara (ASN) dan pejabat negara, PT Taspen (Persero), memastikan telah menerapkan prinsip good corporate governance (GCG).

"Taspen selalu menjunjung tinggi prinsip good corporate governance serta prinsip kepatuhan, kehati-hatian, dan transparansi dalam berinvestasi dan beroperasi. Taspen selalu amanah dalam mengelola dana pensiun ASN yang telah dipercayakan kepada kami selama hampir 60 tahun ini," kata Corporate Secretary Taspen Mardiyani Pasaribu dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Berdasarkan hasil audit BPK RI mulai 2018 sampai dengan 2021, tidak ada temuan material terkait dengan pengelolaan investasi maupun operasional, serta tidak ada dana investasi untuk hal-hal yang tidak ada kaitannya dengan kegiatan usaha PT Taspen yang telah ditetapkan dalam Peraturan Menteri Keuangan yang mengatur pengelolaan program di Taspen.

Sesuai dengan arahan Menteri BUMN untuk pengelolaan BUMN yang bersih, Taspen berkomitmen untuk selalu amanah dalam mengelola dana peserta ASN dan pensiunan ASN dengan meningkatkan produktivitas dan efisiensi usaha sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada peserta dan seluruh pemangku kepentingan.

Dalam pelaksanaan investasi dan pengelolaan seluruh program yang ada, kata Mardiyani, Taspen wajib mengikuti aturan dari Kementerian Keuangan dan OJK, serta selalu memberikan laporan pengelolaan dana investasi kepada Kementerian BUMN, Kementerian Keuangan, dan OJK secara periodik.

Adapun portofolio investasi Taspen sebagian besar terdiri atas obligasi negara, obligasi syariah negara, dan deposito di Bank BUMN sebesar 72 persen.

Sisanya, pada anak-anak usaha, obligasi korporasi, dan pada reksadana yang terdaftar di OJK sekitar 22 persen. Untuk saham, tidak sampai 5 persen yang sebagian besar adalah saham BUMN.

Setiap tahun, kinerja PT Taspen, khususnya di bidang pengelolaan investasi dan operasional telah diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI).

Dalam hal pelayanan, Taspen berkomitmen fokus menghadirkan inovasi layanan yang memberikan kemudahan bagi peserta agar dapat memberikan manfaat maksimal demi menjamin kesejahteraan masa depan para peserta ASN dan pensiunan ASN.

Baca juga: Taspen Life catatkan pertumbuhan laba 60,61 persen semester I-2022
Baca juga: Kejaksaan Agung tetapkan satu tersangka baru korupsi Asuransi Taspen

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022