London (ANTARA) - Indeks saham unggulan Inggris memperpanjang kenaikan pada Jumat, didorong oleh sektor komoditas dan perbankan, sementara saham perusahaan perangkat lunak Micro Focus melonjak lebih dari 90 persen dan mengangkat indeks midcap (kapitalisas menengah) setelah kesepakatan pembelian 6 miliar dolar AS.

Indeks FTSE 100 terangkat 0,6 persen pada pukul 07.17 GMT, tetapi berada di jalur untuk membukukan penurunan mingguan pertama dalam enam pekan terakhir.

Indeks industri logam dan pertambangan Inggris meningkat 1,6 persen, karena harapan stimulus baru di China membantu harga tembaga dan logam lainnya.

Anglo American terdongkrak 2,2 persen setelah Chief Executive Officer Chile mengundurkan diri dan produsen tembaga utama Peru itu membatalkan rencana untuk menaikkan pajak pada industri pertambangan.

Baca juga: FTSE 250 Inggris capai level terendah baru 1 bulan jelang data ekonomi

Produsen obat GSK naik 1,7 persen, setelah Citigroup mengatakan berada di "pantauan katalis positif" mengikuti perkembangan hukum Zantac yang secara material dapat mengurangi eksposurnya, dibandingkan dengan 17 miliar dolar AS yang didiskon. Unit kesehatan konsumen GSK yang baru-baru ini dipisahkan, Haleon, melonjak hampir 3,0 persen.

Indeks FTSE 250 yang berfokus di dalam negeri naik 0,6 persen, tetapi juga menuju penurunan mingguan yang tajam.

Micro Focus International PLC melonjak 92,7 persen mencapai tertinggi lebih dari satu tahun, setelah perusahaan perangkat lunak Kanada OpenText mengatakan akan mengakuisisi perusahaan pembuat perangkat lunak itu dalam kesepakatan tunai sebesar 6 miliar dolar AS termasuk utang.

Baca juga: Saham Eropa naik jelang risalah ECB, terkerek sektor energi

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022