Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Sebanyak 12 kelurahan mewakili setiap kecamatan di Kota Bekasi, Jawa Barat mulai mengaplikasikan program pelayanan administrasi kependudukan terintegritas on the spot berbasis kelurahan disingkat Patriot Beken untuk mempermudah pelayanan administrasi kependudukan warga.

"Kami mulai terapkan program Patriot Beken ini di 12 kelurahan untuk mewujudkan pelayanan prima bagi warga," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bekasi Taufiq Rachmat Hidayat di Bekasi, Jumat.

12 kelurahan yang telah memulai program ini antara lain Kelurahan Duren Jaya di Kecamatan Bekasi Timur, Kelurahan Jakasampurna Kecamatan Bekasi Barat, Kelurahan Kaliabang Tengah Kecamatan Bekasi Utara, Kelurahan Kayuringin Jaya Kecamatan Bekasi Selatan, dan Kelurahan Bojong Rawalumbu Kecamatan Rawalumbu.

Baca juga: Wali Kota Bekasi resmikan pesantren khusus lansia

Kemudian Kelurahan Pejuang Kecamatan Medan Satria, Kelurahan Ciketing Udik Kecamatan Bantargebang, Kelurahan Jatimakmur Kecamatan Pondok Gede, Kelurahan Jatikramat Kecamatan Jatiasih, Kelurahan Jatiranggon Kecamatan Jatisampurna, Kelurahan Padurenan Kecamatan Mustika Jaya, serta Kelurahan Jatimurni Kecamatan Pondok Melati.

Taufik mengatakan di 12 titik itu saat ini sudah bisa melayani permohonan administrasi kependudukan meliputi perekaman dan pencetakan KTP elektronik, pembuatan akta kelahiran baru di bawah 60 hari, dan akta kematian di bawah 30 hari.

"Sarana prasarana seperti alat rekam cetak KTP elektronik sudah disediakan di 12 titik tersebut, nanti secara bertahap akan menyusul hingga menjangkau seluruh kelurahan, atau 56 kelurahan se-Kota Bekasi," ucapnya.

Disdukcapil Kota Bekasi juga masih melanjutkan kegiatan jemput bola pelayanan perekaman KTP elektronik bagi warga kelurahan lain yang belum menerima layanan program Patriot Beken.

"Masih tetap berjalan teknisnya bergantian setiap seminggu sekali. Kami juga jemput bola ke SMA dan SMK untuk meningkatkan kepemilikan KTP elektronik bagi penduduk usia 17 tahun ke atas," katanya.

Taufik memastikan pada tahun 2023 mendatang seluruh kelurahan di Kota Bekasi sudah menerapkan program Patriot Beken ini sehingga warga tidak akan repot lagi mengurus permohonan administrasi kependudukan.

"Program ini berkelanjutan, bertahap kami lengkapi sarana dan prasarana hingga 56 kelurahan bisa mengaplikasikan program ini pada tahun depan," kata dia.

Baca juga: Wali Kota Bekasi bagikan bendera Merah Putih saat CFD
Baca juga: UMKM Jabar Juara Kota Bekasi ikuti pelatihan pembayaran digital

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022