Kupang (ANTARA) - Holding BUMN Asuransi Penjaminan dan Investasi, Indonesia Financial Group (IFG) berkolaborasi dengan anggota holdingnya menggelar “IFG Labuan Bajo Marathon 2022” guna meningkatkan kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT.

Ketua Pelaksana “IFG Labuan Bajo Marathon 2002”, Fitri Istanti berharap dalam keterangan tertulis yang diterima di Kupang, Jumat mengatakan bahwa “IFG Labuan Bajo Marathon 2022” menjadi event marathon berskala besar pertama yang digelar di Labuan Bajo dengan konsep sport tourism, yakni wisata yang dipadukan dengan aktivitas olahraga.

“Langkah ini merupakan bentuk nyata dukungan terhadap pemerintah Indonesia yang menjadikan Labuan Bajo sebagai destinasi wisata eksklusif serta memanfaatkan tren marathon yang kian naik daun,” katanya.

Ia mengatakan bahwa pandemi COVID-19 selama dua tahun membuat berbagai aktivitas melambat, tak terkecuali kegiatan olah raga dan perekonomian, khususnya di bidang pariwisata.

Fitri Istanti berharap, event marathon bergengsi yang berkonsepkan wisata olahraga (sport tourism) ini dapat meningkatkan sektor pariwisata di wilayah tersebut dan diharapkan berdampak pada aspek ekonomi, sosial, dan budaya masyarakat Labuan Bajo serta Manggarai Barat.

Fitri menambahkan kurang lebih 1.500 pelari lokal, nasional, dan internasional akan berpartisipasi dalam “IFG Labuan Bajo Marathon 2022” yang akan diigelar pada 29 Oktober 2022 mendatang. Melalui ajang ini, IFG juga bermaksud menghidupkan kembali kejayaan NTT sebagai lumbung para atlet lari/atletik Indonesia.

Direktur Utama IFG, Robertus Billitea menilai “event itu juga merupakan bentuk dukungan IFG untuk mendorong lahirnya generasi baru atlet-atlet lari dari NTT.

Robertus Billitea menambahkan, dalam pelaksanaan “IFG Labuan Bajo Marathon 2022” ini, IFG ingin mengajak partisipasi masyarakat dalam meramaikan event ini dalam bentuk pesta rakyat bagi masyarakat Manggarai Barat dan sekitarnya.

Ia juga berharap momentum ini bisa sekaligus mendukung Labuan Bajo sebagai Destinasi Super Prioritas (DSP) yang dicanangkan oleh pemerintah dan menyongsong Indonesia bangkit dan pulih kembali usai pandemi.

Sejalan dengan hal itu, Kementerian BUMN menilai kegiatan “IFG Labuan Bajo Marathon 2022” ini sebagai ajang yang tepat untuk mendukung bangkitnya pariwisata Labuan Bajo.

Hal ini sejalan dengan semangat BUMN dalam pelaksanaan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN yang berdampak pada peningkatan perekonomian lokal.

Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga, optimistis bahwa “IFG Labuan Bajo Marathon 2022” akan mempercepat pertumbuhan ekonomi lokal maupun nasional, khususnya di sektor pariwisata.

“Ini akan mendukung semakin kuatnya Labuan Bajo sebagai tempat wisata super prioritas di Indonesia. Jika acara ini sukses, maka UMKM-UMKM di Labuan Bajo akan terdukung, tidak hanya di Labuan Bajo, tentunya di NTT. Hal ini akan menjadi lompatan besar karena Indonesia setelah kondisi corona saat ini akan menuju mendukung besar terhadap pariwisata Indonesia,” kata Arya.

Labuan Bajo memiliki topografi khas yang menantang, baik dari sisi kontur maupun cuaca, di antara pesona savana dan pemandangan yang indah, kombinasi antara laut serta gugusan pulau-pulau yang begitu memikat.

Pihaknya juga memberikan link Pendaftaran “IFG Labuan Bajo Marathon 2022” yang akan dibuka mulai 4 September 2022 melalui website : www.IFGLabuanBajoMarathon.com.


 

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022