Jakarta (ANTARA) - Kegiatan Universitas Pelita Harapan (UPH) Festival menghadirkan tiga orang menteri sebagai pembicara tamu, yakni Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menkominfo Johnny G Plate.

“Kegiatan ini rutin diselenggarakan setiap tahun, namun dua tahun terakhir diselenggarakan secara daring, karena pandemi COVID-19. Tahun ini kita bisa menyelenggarakan secara langsung dengan menghadirkan sejumlah menteri menjadi narasumber,” ujar Rektor UPH, Dr (Hon) Jonathan L Parapak MEng Sc, di Tangerang, Jumat.

Baca juga: Rektor UPH: Kemerdekaan dalam belajar tingkatkan prestasi mahasiswa

Kegiatan UPH Festival merupakan rangkaian untuk menyambut mahasiswa baru. Tahun ini, terdapat sebanyak 4.000 mahasiswa baru.

“Kami memiliki 68 program studi. Dengan demikian, UPH menjadi salah satu universitas swasta dengan jumlah program studi terbanyak,” terang dia.

Melalui UPH Festival, pihaknya menyambut mahasiswa baru untuk bersama-sama menempuh pendidikan di kampus itu. Pihaknya melarang keras adanya praktik perploncoan di kampus tersebut.

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi mengatakan berdasarkan apa yang disampaikan Presiden Jokowi, bahwa salah satu kekuatan yang dimiliki Indonesia saat ini adalah kekuatan keempat, yakni meningkatnya kepercayaan internasional.

“Artinya kita berada di puncak kepemimpinan global. Itu menurut Presiden Indonesia,” kata Retno.

Baca juga: UPH raih rekor MURI atas uji publik disertasi terbanyak

Baca juga: Pembelajaran berbasis proyek efektif tingkatkan potensi mahasiswa


Retno menambahkan Indonesia menganut politik bebas aktif yang mengantarkan Indonesia menjadi bagian dari solusi permasalahan dunia. Bebas menentukan kemitraan yang kita pilih untuk memperjuangkan kepentingan nasional. Aktif untuk terus berkontribusi bagi perdamaian dan kemakmuran dunia. Politik bebas aktif itu pula yang mengantarkan Indonesia menjadi pemimpin dalam G20.

Pewarta: Indriani
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022