Jakarta (ANTARA) - Mantan Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL, Laksamana Madya TNI Harjo Susmoro, menerima penghargaan Alexander Dalrymple dari The United Kingdom Hydrographic Office (UKHO).

“Saya sangat senang karena akhirnya bisa memberikan penghargaan Alexander Dalrymple sebagai pengakuan resmi atas kinerja Laksamana Madya TNI Harjo Susmoro,” kata UK National Hydrographer, Admiral Rhett Hatcher, di Markas Komando Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL, Ancol Timur, Jakarta Utara, Jumat.

Hatcher mengungkapkan bahwa pemberian penghargaan sempat terhalang pandemi Covid-19, oleh karena itu mereka merasa sangat bersyukur dapat memberikan penghargaan itu secara langsung, meskipun Susmoro tidak lagi menjabat sebagai kepala satuan TNI AL itu.

Baca juga: Sesjen Wantannas: Perang siber ancam kehidupan sipil dan militer

Susmoro yang pernah menjadi atase pertahanan di Prancis memperoleh penghargaan atas kontribusinya yang telah mempererat kerja sama Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL dengan UKHO, seperti melakukan 473 pembaharuan Electronic Navigational Chart.

Berbagai pembaharuan dan kontribusi Susmoro memungkinkan kunjungan kapal pesiar pertama ke Lombok, NTB, dan Benoa, Bali, pada 2019. Selain itu, bagan pemisahan alur laut baru telah dikembangkan untuk Selat Sunda dan Lombok sebagai jalur strategis Indonesia untuk lalu lintas pelayaran internasional (Sea Lanes of Communications dan Sea Lines of Oil Trade).

Baca juga: Sesjen Wantannas: Konflik AS-China potensi ancaman stabilitas keamanan

Lebih lanjut Hatcher berharap Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL dengan UKHO dapat menjalin kerja sama yang lebih kuat dan lebih luas terkait dengan kemaritiman.

“Sebagai dua negara kepulauan maritim, kami memiliki kepentingan yang sama, prioritas yang sama, dan pemikiran yang sama terkait dengan kemaritiman. Oleh karena itu, saya sangat berharap agar dapat melanjutkan kerja sama yang lebih dalam dan luas,” kata dia.

Baca juga: Waasops : MTF-XXVIII-I siap ke Lebanon

Dalam kesempatan yang sama, Susmoro yang memimpin Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL pada 2016-2019 itu membagikan motivasi yang menjadi acuannya selama menjabat sebagai kepala di sana.

“Motivasi saya pada saat itu, hidrografi bukan hanya sekadar peta laut. Hidrografi adalah kunci gerbang perekonomian dan ujung tombak pertahanan maritim suatu negara,” ucap Susmoro yang kini menjabat sebagai sekretaris jenderal Dewan Pertahanan Nasional.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022