Motorsport adalah bagian integral dari DNA Audi
Jakarta (ANTARA) - Audi akan meramaikan kompetisi Formula 1 mulai tahun 2026 dengan membangun sendiri power unit mereka di Jerman di bawah regulasi baru, demikian brand premium Volkswagen itu menjelang Grand Prix Belgia, Jumat.

Audi akan mengumumkan pada akhir tahun nanti tim apa yang akan mereka gandeng. Pabrikan tersebut telah melakukan diskusi dengan Sauber Group asal Swiss, yang timnya berkompetisi dengan nama Alfa Romeo.

Sementara itu, Formula 1 akan mengenalkan power unit generasi baru mulai 2026, dengan fokus keberlanjutan dan masa depan yang lebih efisien di saat olahraga yang hak komersialnya dipegang Liberty Media itu berambisi mencapai status netral karbon pada 2030.

Power unit 2026 masih mengusung mesin pengapian dalam V6 tapi memiliki tenaga listrik yang ditingkatkan dan menggunakan 100 persen bahan bakar berkelanjutan, beberapa faktor itu yang membuat Audi tertarik bergabung ke F1.

"Saya sangat senang menyambut Audi ke Formula 1, brand otomotif yang ikonis, pelopor, dan inovator teknologi," kata CEO dan Presiden F1 Stefano Domenicali, seperti dikutip laman resmi F1.

"Ini adalah momen besar bagi olahraga kami yang menyoroti kekuatan besar yang kami miliki sebagai platform global yang terus berkembang," kata Domenicali yang pernah bekerja untuk VW itu.

Baca juga: Sejarah saja tak cukup selamatkan balapan ikonis di F1

Fasilitas Audi Sport di Neuburg, di mana power unit akan dikembangkan, akan menandai untuk pertama kalinya dalam satu dekade terakhir powertrain F1 dibangun di Jerman.

"Motorsport adalah bagian integral dari DNA Audi," kata Ketua Dewan Manajemen Audi AG Markus Deusmann.

"Formula 1 adalah panggung dunia bagi brand kami dan laboratorium yang sangat menantang. Kombinasi dari performa tinggi dan kompetisi selalu mendorong inovasi dan transfer teknologi di industri kammi.

"Dengan peraturan baru, sekarang saatnya bagi kami untuk terlibat. Terlebih lagi, Formula 1 dan Audi mengejar tujuan keberlanjutan yang jelas."

Adam Baker, veteran dunia balap dan mantan karyawan di FIA, akan menjadi kepala eksekutif proyek F1 Audi.

Pabrikan rival Mercedes membangun power unit mereka di Brixworth di Inggris tengah.

Porsche, brand lain dari Volkswagen Group, juga akan ikut meramaikan Formula 1 pada 2026 dengan menggandeng tim Red Bull.

Baca juga: FIA setujui regulasi mesin Formula 1 musim 2026
Baca juga: Wolff yakin Mercedes "semakin dekat" raih kemenangan

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022