Karena ini berdekatan dengan Ibu Kota Negara (IKN) nanti, sehingga kita mulai membiasakan diri dengan suasana yang ada
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, menjadi tuan rumah peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-39 pada 9 September dengan mengusung tema 'Bersama Cetak Juara'.

"Karena ini berdekatan dengan Ibu Kota Negara (IKN) nanti, sehingga kita mulai membiasakan diri dengan suasana yang ada. Karena ini di outdoor saya rasa akan lebih meriah," ujar Amali dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Dia juga menjelaskan tema Haornas 2022 yang memiliki arti kelanjutan semangat dalam mendorong cita-cita besar prestasi bangsa melalui Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Menurutnya, peringatan Haornas tahun ini adalah sebuah kemajuan karena sebelumnya dilaksanakan di Jakarta dan di ruang tertutup. Pada tahun ini akan digelar di Stadion Batakan, Balikpapan dan masyarakat dapat ikut serta memeriahkan.

"Semoga ini akan sukses. Nanti juga ada penghargaan-penghargaan bagi mereka yang telah berjasa untuk pengembangan olahraga nasional. Baik mantan atlet, mantan pelatih, pembina dan jurnalis atau wartawan olahraga yang memberikan support, seperti tahun sebelumnya dan para pengurus cabang olahraga yang dedikasinya cukup panjang," kata Amali.

Menpora Amali juga mengimbau kepada daerah-daerah untuk turut memeriahkan Haornas sebagai bentuk penghargaan kepada hari bersejarah olahraga nasional.

"Karena ini adalah hari bersejarah olahraga nasional. Tanggal 9 September adalah PON pertama kita pada tahun 1948. Baru beberapa tahun merdeka tapi kita sudah mampu menggelar satu kegiatan yang diakui oleh dunia internasional sebagai pernyataan bahwa kita adalah negara yang sudah merdeka," pungkasnya.

Baca juga: Berkontribusi majukan olahraga, Panglima TNI-Kapolri dapat penghargaan
Baca juga: Menpora beri penghargaan kepada insan olahraga pada Haornas ke-38

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022