Bagaimana kita secara bangsa bersatu? Apresiasi apa yang jadi kebudayaan kita
Jakarta (ANTARA) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengajak masyarakat untuk mengapresiasi budaya, salah satunya adalah dengan menghargai karya seni.

Dalam pembukaan Art Jakarta 2022, Erick mengatakan bahwa budaya dapat menyatukan suatu bangsa. Kebudayaan dan seni juga mampu menjadi fondasi agar Indonesia tidak terpecah belah.

"Bagaimana kita secara bangsa bersatu? Apresiasi apa yang jadi kebudayaan kita. Karena itu saya senang luar biasa ketika Art Jakarta ini sekarang bergulir lagi," ujar Erick dalam pembukaan Art Jakarta 2022 di Jakarta Convention Center, Jumat.

Baca juga: Pergelaran seni-budaya Sabang-Merauke dan spirit kebinekaan

Pandemi selama dua tahun terakhir telah menimbulkan dampak besar terhadap ekosistem seni baik secara global maupun Indonesia. Setelah situasi berangsur pulih, masyarakat pun diharapkan bisa kembali mengapresiasi seni dan budaya agar ekosistem kembali berjalan.

Direktur Jenderal Kebudayaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Hilmar Farid mengatakan situasi yang sulit mendorong banyak seniman untuk bereksperimen, mulai dari pameran seni yang dilangsungkan melalui media sosial hingga konser secara online.

Menurut Hilmar, kembalinya Art Jakarta adalah sinyal penting bagi pemulihan ekosistem seni rupa di Indonesia yang selama ini bergulat dengan kesulitan
era pandemi.

"Ini menunjukkan bahwa seni rupa memainkan peranan pelopor dalam upaya pemulihan nasional. Semoga pameran ini memantik kita semua untuk menggali inspirasi artistik bagi kehidupan yang lebih berkelanjutan," kata Hilmar.

Art Jakarta 2022 akan pada 26-28 Agustus 2022 di Jakarta Convention Center. Pameran seni ini terdiri dari beberapa segmen yakni Art Jakarta Galeri, Art Jakarta Spot, AJX, AJ1, Bali Art Scene, Art Jakarta NFT dan Art Jakarta Talk.

Pengunjung dapat menyaksikan berbagai karya seni berupa lukisan, instalasi, patung hingga NFT. Pameran ini juga menyediakan ruang interaktif untuk anak-anak mengenal lingkungan melalui seni.

Baca juga: Pertunjukan seni dan pawai meriahkan HUT ke-77 RI di Tokyo

Baca juga: Menteri Sandiaga resmikan pergelaran seni dan budaya Tabut Bengkulu

Baca juga: Kemendagri dan TMII hadirkan Festival Harmoni Indonesia

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022