Saat itu saya diminta untuk memberikan pencerahan kepada manajemen Sritex dan para karyawan
Solo (ANTARA) - Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berkunjung ke Solo, Jawa Tengah, untuk melayat istri pendiri perusahaan Sritex, Susyana Lukminto yang meninggal pada Sabtu (20/8).

Pada kunjungannya di Solo, Jumat, SBY terlihat didampingi oleh putranya Agus Harimurti Yudhoyono dan Annisa Pohan serta Edhie Baskoro.

SBY diketahui telah menjalin persahabatan dengan Lukminto sejak sebelum menjabat sebagai Presiden RI.

Ia berharap hubungan persahabatan yang baik tersebut dapat menjadi bagian dari sejarah kedua keluarga.

"Persahabatan kami tulus, bahkan persahabatan ini berlangsung sebelum saya jadi presiden, selama jadi presiden, dan masa-masa setelah itu," katanya.

Baca juga: Karyawan disabilitas Sritex tulis surat terbuka untuk Presiden Jokowi

Ia mengatakan persahabatan tersebut tidak dibumbui oleh hubungan bisnis.

"Saya ingat waktu itu saya belum jadi apa-apa, belum jadi presiden. Saya baru kehilangan posisi dari kabinet, boleh dikatakan pengangguran, mantan Menkopolhukam dulu. Adalah Pak Lukminto yang mengundang saya beserta keluarga besar ke Solo," katanya.

Ia mengatakan sambutan yang diberikan oleh keluarga Lukminto kepada keluarga SBY sangat baik.

"Saat itu saya diminta untuk memberikan pencerahan kepada manajemen Sritex dan para karyawan. Sebagai sahabat, berlanjut tali persahabatan yang indah setelah itu," katanya.

Baca juga: PT Sritex kerja sama dengan TNI-Polri percepat vaksinasi di Solo Raya

Bahkan ketika menjabat sebagai Presiden, SBY mengaku sangat terbantu atas peran Lukminto yang terlihat ikut memberikan solusi ketika ada masalah ekonomi nasional.

"Termasuk ketika ada krisis tahun 2008-2009, beliau dan teman-teman terbuka dan terus terang menyampaikan pandangan usaha, memberikan solusi agar Indonesia tidak terjatuh dalam krisis. Itu saya perlukan karena pemerintah akan bekerja dan berupaya sekuat tenaga, pandangan dunia usaha sangat penting. Pak Lukminto bagian dari solusi," katanya.

Ia berharap persahabatan tersebut dapat terus terjalin ke depannya.

Pada kesempatan yang sama, salah satu putra Lukminto, Iwan Kurniawan Lukminto berharap persahabatan tersebut dapat menjadi panutan bagi semua orang.

"Memang sudah terjalin sejak 20 tahun lebih, sejak tahun 1990-an. Beliau sering mampir ke Solo, ke Kantor Sritex," katanya.

Baca juga: PT Sritex paparkan cara bertahan di tengah badai pandemi COVID-19

Baca juga: SBY kenang ketangguhan bangsa Indonesia hadapi tsunami dan gempa

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022