Jakarta (ANTARA) - Produsen makanan hewan menawarkan beragam pilihan makanan untuk binatang piaraan yang dibedakan dari bahan baku, usia hewan hingga jenis ras spesifik.

Sebagai contoh, ada makanan kucing yang ditujukan untuk anak kucing, kucing dewasa dan kucing yang usianya sudah lanjut. Ada juga jenis makanan khusus untuk kucing jenis maine coon, persia, siam sampai ragdoll.

Bolehkah bila makanan yang formulanya dibuat untuk jenis tertentu diberikan kepada kucing jenis berbeda? Dokter hewan Novi Wulandari, SEA Regulatory Affairs Lead Royal Canin, mengatakan sebaiknya setiap kucing diberikan makanan yang sesuai.

"Kibble (potongan makanan kering hewan) sudah disesuaikan dengan setiap ras, bentuknya sampai seberapa keras kibble sudah disesuaikan," kata Novi di sela Indonesia International Pet Expo (IIPE) di Indonesia Convention Exhibition, BSD, Tangerang, Jumat.

Bentuk-bentuk kibble yang berbeda telah dirancang agar cocok dengan jenis kucing tertentu. Tentunya, makanan yang sudah disesuaikan untuk ras tertentu bisa lebih dinikmati oleh kucing dari jenis tersebut.

Di sisi lain, formula makanan untuk satu jenis kucing bisa jadi berbeda dengan kucing lainnya. Sebagai contoh, makanan untuk kucing ras yang bulunya panjang memiliki formula khusus untuk kesehatan bulu agar si anabul alias anak bulu terlihat menawan.

Pemilik anabul juga perlu menyesuaikan makanan dengan usia hewan piaraan. Terdapat produk makanan yang dikhususkan untuk berbagai tahapan usia dengan nutrisi yang disesuaikan dengan kebutuhan. Seperti manusia yang kebutuhan gizinya berbeda saat kanak-kanak dan dewasa, hal yang sama juga berlaku untuk binatang seperti kucing.

Bila makanan tak sesuai dengan kebutuhan, ada risiko nutrisi tak tercukupi dan membuat anabul mudah sakit ke depannya akibat imunitas yang rendah.

Presiden Direktur Royal Canin Indonesia Ridarrahim Nirwandar berharap pihaknya bisa terus menyampaikan informasi terkait pemberian makanan yang tepat untuk hewan demi kesejahteraan para anabul.

"Kami ingin membuat hidup kucing dan anjing lebih baik dengan memberi nutrisi tepat supaya mereka sehat, hidup lebih lama, pertemanan dengan pemiliknya juga lebih lama," kata Ridarrahim.

Baca juga: Konsultasi kesehatan anabul hingga tukar bungkus makanan di Pet Expo

Baca juga: Hotel khusus kucing di Paris kembali laris manis

Baca juga: Kucing dan anjing pakai kipas untuk melawan musim panas terik Jepang

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022