Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur telah
menyiapkan aplikasi dan nomor-nomor telepon yang bisa dihubungi warga untuk permintaan bantuan dan pertolongan.

Kasi Operasional Suku Dinas (Sudin) Gulkarmat 
Jakarta Timur, Gatot Sulaeman di Jakarta, Jumat, mengatakan, warga yang hendak melaporkan kebakaran dan permintaan evakuasi bisa menghubungi WhatsApp (WA) Damkar Jakarta Timur di nomor +628119197113 atau ke 112 dan 021-8590 4904.

Warga juga bisa menghubungi nomor telepon 021- 858 2150 atau aplikasi Go-Damkar yang bisa diunduh gratis di Play Store.

Pada Jumat, personel mengevakuasi seekor kucing yang terjatuh ke dalam sumur di Jalan H. Ali Sholihin RT 03/09, Ciracas. Pihaknya mendapat laporan permintaan evakuasi dari warga sekitar pukul 17.00 WIB.

"Awalnya ada dua kucing yang berkelahi, saling kejar. Lalu salah satu kucing jatuh dan masuk ke dalam sumur," kata Gatot Sulaeman

Setelah 40 menit berjuang, akhirnya petugas mampu mengeluarkan kucing tersebut dari dalam sumur dalam kondisi selamat. "Evakuasi selesai pukul 17.40 WIB. Kucing berhasil dikeluarkan dan terselamatkan," tutur Gatot.

Baca juga: Gulkarmat Jaktim evakuasi pohon tumbang timpa warung di Cawang
Baca juga: Gulkarmat Jaktim bantu warga pasang hadiah di pohon pinang yang jatuh


Terkait kebakaran, Dinas Gulkarmat DKI Jakarta menggencarkan pencegahan seiring dengan mulai meningkatnya kasus kebakaran di Jakarta.

Langkah pencegahan yang digencarkan tersebut, kata Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Satriadi saat dihubungi di Jakarta, Jumat, kebanyakan adalah yang berhubungan dengan pencegahan terjadinya kebakaran akibat arus pendek 
(korsleting) listrik.
 
"Sebagian besar kebakaran terjadi karena 'korsleting' listrik. Tentu kami melakukan berbagai upaya demi mengantisipasi kebakaran termasuk juga yang disebabkan aliran listrik," kata Satriadi.
 

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022