Hari ini hingga esok diprediksi potensi hujan di atas 100 milimeter atau sangat lebat terjadi di tiga daerah di Sulteng
Palu (ANTARA) -
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat hingga dua hari ke depan di Kabupaten Tojo Una-una, Poso dan Morowali Utara Provinsi Sulawesi Tengah.
 
"Hari ini hingga esok diprediksi potensi hujan di atas 100 milimeter atau sangat lebat terjadi di tiga daerah di Sulteng, sehingga perlu langkah antisipasi dampak yang ditimbulkan," kata Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Mutiara Sis Al-Jufri Palu Nur Alim yang dihubungi di Palu, Ahad.
 
Ia menjelaskan kondisi ini dipicu angin yang membawa masa udara besar dari Laut Arafuru dan konsentrasi tekanan udara berada di wilayah Tojo Una-una, Poso dan Morowali Utara.
 
Maka daerah tersebut cenderung tumbuh awan konveksi berwarna pekat atau awan comulonimbus yang dapat menimbulkan intensitas hujan sangat lebat disertai angin kencang.

Baca juga: BMKG: Hujan es di Kabupaten Sigi dipicu pergerakan awan comulonimbus
"Prakiraan BMKG potensi hujan sangat lebat di daerah tersebut terjadi pada sore hingga malam hari karena terjadi tumpukan awan tebal pekat yang juga dapat disertai guntur dan petir," papar Alim.
Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Mutiara Sis Al-Jufri Palu, Nur Alim. ANTARA/Kristina Natalia
Potensi hujan lebat disertai angin itu, katanya, tidak terlalu mempengaruhi tinggi gelombang laut. Diperkirakan, tinggi gelombang masih normal sekitar 150 centimeter.
 
Oleh karena itu, BMKG mengimbau warga dan pemerintah setempat melakukan upaya antisipasi atas dampak yang ditimbulkan dari potensi hujan lebat.

Baca juga: BMKG ingatkan tiga daerah di Sulteng siaga dampak hujan lebat
 
"Boleh jadi dampak yang ditimbulkan yakni genangan air pada titik-titik tertentu terutama pada wilayah memiliki kondisi lingkungan yang buruk. Berbeda dengan daerah yang memiliki sejarah banjir bandang, maka perlu diwaspadai," ujar Alim.
 
Ia menambahkan selain tiga daerah berstatus siaga, peringatan dini cuaca berstatus waspada hujan lebat yang berlaku dua hari ke depan terjadi di delapan daerah di Sulteng yakni Kota Palu, Kabupaten Sigi, Parigi Moutong, Donggala, Buol, Banggai, Tolitoli dan Morowali.
 
"Saat ini Kabupaten Banggai Laut dan Banggai Kepulauan cenderung landai, meski begitu tidak menutup kemungkinan curah hujan meluas," demikian Alim.

Baca juga: BMKG: Tujuh daerah di Sulteng berstatus waspada hujan lebat
 

Pewarta: Mohamad Ridwan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022