Lampung Selatan (ANTARA) - Festival Krakatau sebagai salah satu kegiatan pariwisata terbesar di Lampung dinyatakan lolos kurasi dalam Kharisma Event Nusantara 2022.

Terpilihnya Festival Krakatau yang acara puncaknya dilaksanakan pada 27 Agustus 2022 dalam Kharisma Event Nusantara 2022 dikatakan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

"Festival Krakatau ini tembus dalam Kharisma Event Nusantara 2022, ini tidak mudah bisa masuk dan terkurasi mengalahkan banyak kegiatan pariwisata lainnya," ujar Sandiaga Uno di Lampung Selatan, Sabtu.

Ia menjelaskan bagi kegiatan pariwisata yang lolos dalam Kharisma Event Nusantara 2022 ini merupakan event terbaik yang terkurasi oleh tim dengan penuh kehati-hatian.

"Sejarah Gunung Krakatau ini sangat menarik, memiliki keindahan alam, potensi adat budaya khas Lampung dan ini benar-benar menjadi potensi yang sangat memukau bagi setiap wisatawan yang berkesempatan menyaksikannya atau ikut serta dalam Festival Krakatau," katanya.

Dia mengatakan penyelenggaraan Krakatau Festival yang rutin dilakukan sejak 31 tahun lalu atau tepatnya pada tahun 1990 menjadi bentuk konsistensi pemerintah dalam mengedukasi akan sejarah Krakatau serta menggeliatkan pariwisata daerah.

"Ini menjadi peluang kita menyusun pola perjalanan wisata yang penuh dengan pengalaman menarik, dengan konsep menggali cerita tentang sejarah Krakatau dan tentu ini berkualitas serta berstandar internasional," ucapnya.

Baca juga: Menparekraf: Lampung berpotensi jadi tujuan utama wisata

Ia mengharapkan dengan masuknya Festival Krakatau dalam Kharisma Event Nusantara 2022 dapat menggeliatkan pariwisata di Lampung.

"Harapannya pariwisata di sini semakin bergeliat, dan banyak yang mengenal lagi sejarah Krakatau, seni budaya dan potensi lain yang ada di Lampung," ucapnya.

Sebelumnya program Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 telah diluncurkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno sebagai upaya membangkitkan geliat kegiatan di daerah.

Program tersebut diawali dengan proses kurasi guna menyaring kegiatan yang berkualitas, sehingga bentuk dukungan yang diberikan kepada penyelenggara kegiatan dapat lebih jelas dan terukur.

Lalu terdapat lima aspek utama dalam pemilihan KEN 2022, pertama ialah aspek ide dan potensi inovasi, kedua yaitu pengembangan ekonomi kreatif, lalu event management, kemudian seni pertunjukan dan budaya, serta aspek strategi komunikasi dan media.

Pada 2022 ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah menerima 319 usulan kegiatan dari 34 provinsi.

Baca juga: Wagub Lampung : Pergelaran Festival Krakatau sesuaikan kondisi pandemi
Baca juga: Menparekraf: Sanur Village Festival masuk 100 Kharisma Event Nusantara
Baca juga: Sandi: TIFAF 2022 layak masuk 100 besar Kharisma Event Nusantara

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022