Martapura (ANTARA) - Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) RI, Harcvid Hasnul Qolby membuka Jambore Petani Milenial di Desa Tebing Sari, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan (Sumsel), guna membangun kecintaan generasi muda terhadap dunia pertanian.

Wakil Menteri Pertanian, Harcvid Hasnul Qolby di Martapura ibu Kota Kabupaten OKU Timur, Sabtu, mengatakan kegiatan Jambore Petani Milenial ini dilaksanakan selama tiga hari dengan melibatkan 500 peserta petani muda dari 17 kabupaten/kota di Sumsel dan satu perwakilan dari Pulau Jawa.

Dalam kesempatan tersebut, Wamentan memberikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan dan Kabupaten OKU Timur atas dedikasi dalam memajukan pertanian dengan melibatkan peran penting petani milenial di daerah itu.

Dia menjelaskan tujuan dari jambore untuk meningkatkan kinerja dan mengembangkan wirausaha muda petani milenial agar produktivitas pertanian di Indonesia dapat semakin meningkat.

Baca juga: Sebanyak 399 petani milenial Papua dibimbing kelola jagung dan kopi

Baca juga: Petani milenial bangga atas pencapaian swasembada beras nasional


Para petani milenial dapat memperkuat jaringan kemitraan sekaligus menambah wawasan dalam penggunaan teknologi alsintan sehingga diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat di bidang pertanian.

"Sesuai arahan Presiden RI, Joko Widodo bahwa visi Kementerian Pertanian tahun ini untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) pertanian yang unggul yang siap menciptakan lapangan pekerjaan," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel, Herman Deru mengatakan bahwa petani milenial harus mempunyai program dan gerakan khusus untuk membantu pemerintah dalam mengendalikan inflasi pangan agar tetap stabil.

"Petani milenial di Sumsel harus menjadi pelopor dalam memasifkan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) berjalan maksimal," tegasnya.

Terlebih lagi, kata dia, Provinsi Sumsel memiliki potensi besar di bidang pertanian sehingga sudah menjadi tugas para generasi muda untuk mengolahnya agar lebih berkembang di masa yang akan datang.

"Oleh sebab itu melalui jambore ini saya berharap dapat membangun kecintaan para generasi muda di bidang pertanian dan memberikan kontribusi dalam upaya meningkatkan produktivitas pangan nasional khususnya di wilayah Sumsel," katanya.*

Baca juga: Sultan HB X dorong petani milenial berinovasi pasarkan produk pangan

Baca juga: Sharp Indonesia gandeng milenial bangun ekosistem UMKM pertanian


Pewarta: Edo Purmana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022