Jakarta (ANTARA) - Samsung diprediksi akan merilis sistem operasi terbaru mereka yakni One UI 5.0 kepada publik pada Oktober 2022.

Baca juga: Samsung luncurkan One UI 5 Beta untuk Galaxy S22 series

Keputusan tersebut nampaknya diambil mengingat Google pada bulan lalu merilis Android 13 sebagai Operation System (OS) terbarunya dan sudah banyak perusahaan teknologi yang membuat sistem operasi yang kompatibel dengan OS besutan Google itu.

Dikutip dari Gizmochina, Minggu, prediksi hadirnya sistem operasi terbaru Samsung itu datang dari seorang pembocor teknologi khusus Samsung dengan nama akun @RoderSuper di Twitter.

Adapun sang pembocor teknologi menyebutkan bahwa perilisan resmi dari Samsung One UI 5.0 yang akan berjalan dengan Android 13 akan hadir pada 17 Oktober atau 19 Oktober.

Pembaruan sistem operasi tersebut pertama kali akan hadir di ponsel kelas atas Galaxy S series terbaru Samsung yaitu Galaxy S22, Galaxy S22+, dan Galaxy S22 Ultra.

Baca juga: Samsung hadirkan sistem operasi jam pintar terbarunya One UI Watch 4.5

Adapun saat ini Samsung tengah menjalankan pengetesan sistem operasi dengan model beta untuk beberapa pengguna.

Sehingga nampaknya perilisan untuk publik di Oktober 2022 terasa masuk akal mengingat perusahaan memang harus melakukan perbaikan dan pengembangan dari hasil pengetesan .

Masih ada waktu lebih dari satu bulan untuk memperbaiki masalah-masalah kecil yang ditemukan selama pengetesan One UI 5.0 versi beta.

Belum ada tanggapan resmi dari Samsung mengenai perilisan One UI 5.0 namun sepertinya Samsung akan berfokus meningkatkan pengalaman dalam hal kustomisasi hingga keamanan pada sistem operasi yang tengah dikembangkannya itu.



Baca juga: Samsung mulai beri pembaruan One UI 4 pada seri Galaxy Z

Baca juga: Samsung umumkan One UI 4.1 kini hadir di rangkaian Samsung Galaxy

Baca juga: Samsung Galaxy S20 FE 4G dapatkan Android 12 berbasis One UI 4

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022