Jakarta (ANTARA) - Audi mengumumkan bahwa mereka secara resmi bergabung di ajang motorsport Formula 1 (F1) mulai musim 2026 sebagai pemasok power unit.

Fasilitas Audi Sport di Neuburg dekat Ingolstadt, Jerman, akan menjadi tempat pengembangan power unit. Dengan demikian, ini menjadi pertama kalinya powertrain Formula 1 dibuat di Jerman dalam lebih dari satu dekade.

Baca juga: Audi akan jadikan A3 mobil entry level baru

Agar dapat mengembangkan power unit yang kompeten untuk Formula 1, Audi mengatakan perusahaan sedang dalam proses merekrut profesional yang sangat terspesialisasi.

Diketahui mulai musim Formula 1 2026, output daya listrik untuk unit-unit daya yang terdiri dari motor listrik, baterai, elektronik kontrol, dan mesin pembakaran akan meningkat tajam dibandingkan Formula 1 saat ini. Motor listrik kemudian akan memiliki output sekitar 544 hp.

Selain itu, mesin turbo 1,6 liter yang menggunakan bahan bakar berkelanjutan yang canggih juga merupakan prasyarat untuk masuknya Audi ke dalam seri tersebut.

"Motorsport akan selalu menjadi DNA Audi dan perusahaan akan terus berkembang," kata Ketua Dewan Manajemen Audi AG Markus Duesmann, dikutip dari Hindustan Times, Minggu.

"Dengan aturan baru, sekarang adalah waktu yang tepat bagi kami untuk terlibat. Apalagi, Formula 1 dan Audi sama-sama mengejar target keberlanjutan yang jelas," lanjut dia. Dia menambahkan, Audi akan mengumumkan tim yang akan menjadi partner mereka pada akhir tahun ini.


Baca juga: BMW dan Audi tangguhkan pengiriman via kereta api ke China

Baca juga: Empat perusahaan tarik hampir 50 ribu kendaraan karena komponen rusak

Baca juga: Pabrikan Eropa lirik Meksiko dan China, tinggalkan suku cadang Ukraina
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022