Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengapresiasi aksi NasDem Peduli Pantai Utara Jawa melalui gerakan Restorasi Pantai Utara Jawa Tengah di Pantai Tirang, Semarang, yang diinisiasi Dewan Pimpinan Wilayah Partai NasDem Jawa Tengah dan Garda Pemuda Partai NasDem.

Menurut perempuan yang akrab disapa Mbak Rerie tersebut, kegiatan itu merupakan langkah visioner yang dilakukan generasi muda dalam rangka mewujudkan kesejahteraan rakyat di masa datang.

"Terima kasih kepada semua pihak mendukung gerakan penanaman mangrove di pantai Utara Jawa Tengah. Apa yang dilakukan generasi muda yang tergabung dalam Garda Pemuda NasDem ini merupakan langkah yang visioner dalam mensejahterakan masyarakat," ujar Mbak Rerie di Semarang, Minggu.

Baca juga: MPR ingatkan percepatan vaksinasi terukur untuk tingkatkan imunitas

Mbak Rerie berpendapat bahwa aksi para pemuda yang bertujuan mengajak masyarakat bersama-sama memperbaiki daya dukung pantai Utara Jawa dari ancaman kerusakan lewat penanaman mangrove harus terus ditingkatkan konsistensinya.

Ia pun mendorong peran aktif pemuda dalam setiap tahapan pembangunan agar Indonesia mampu menciptakan generasi penerus yang tangguh.

Ketua Garda Pemuda NasDem Prananda Surya Paloh berpendapat gerakan penanaman mangrove sesuai dengan semangat para kader NasDem yang selalu mendukung proses pembangunan berkelanjutan.

Prananda menegaskan bahwa para kader Garda Pemuda NasDem siap berpartisipasi aktif dalam setiap upaya inisiasi yang berorientasi ramah lingkungan.

"Kami selalu siap mendukung program-program pembangunan lingkungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan," kata Prananda.

Adapun Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar menyampaikan rasa terima kasihnya pada semua pihak yang mendukung program pemerintah di sektor lingkungan, khususnya tekad jajaran Garda Pemuda NasDem.

Siti menyebut, target pemerintah terkait program penanaman mangrove sampai 2024 adalah menanami 600.000 hektare. Sejauh ini, penanaman mangrove secara nasional baru mencakup luas 110.000 hektare.

"Jadi masih perlu dukungan dari semua pihak untuk mencapai target," ujar Siti.

Selain di Semarang, penanaman mangrove sepanjang Pantai Utara Jawa juga dilakukan serentak di sembilan kabupaten/kota, yaitu di Brebes, Pemalang, Kota Tegal, Batang, Kendal, Kota Semarang, Demak, Jepara dan Rembang.

Dalam aksi tersebut, Garda Pemuda NasDem juga menyalurkan bantuan 10.000 bibit mangrove dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan sosialisasi cara menanam mangrove.

Kegiatan itu untuk memperingati Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia itu dihadiri Lestari Moerdijat (Wakil Ketua MPR RI), Siti Nurbaya Bakar (Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan), Prananda Surya Paloh (Ketua Garda Pemuda NasDem), HM Prasetyo (Anggota Dewan Pertimbangan Partai NasDem), Saur Hutabarat (Ketua Mahkamah Partai NasDem), dan jajaran pimpinan DPW Partai NasDem Jawa Tengah.

Baca juga: Surya Paloh sebut NasDem masih dinamis usung bakal capres
Baca juga: Survei: Elektabilitas NasDem naik jika calonkan Anies-AHY
Baca juga: Pengamat: Pertemuan Puan-Surya Paloh untuk melihat peluang berkoalisi

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022