Gianyar (ANTARA) - Atlet lari Rikki Martin Simbolon (27) berhasil menyabet juara satu marathon nasional untuk putra dalam ajang Maybank Marathon 2022 di Bali untuk kali pertamanya, Minggu.

"Rasanya senang karena baru pertama kali ikut apalagi rutenya ekstrim. Saya tadi 2 jam 34 menit 49 detik untuk jarak 42 kilometer," kata Rikki di Kabupaten Gianyar, Bali.

Kepada media, Rikki mengaku bahwa waktu itu merupakan capaian terbaiknya. Mengingat putra asal Medan tersebut baru mengikuti perlombaan lari marathon sebanyak dua kali, sebelumnya di Indonesia Marathon ia berada di podium dua dengan torehan waktu 2 jam 37 menit.

Baca juga: Agus Prayogo jadi pelari nasional andalan Maybank Marathon di Bali

Dalam ajang terdahulu, waktu Rikki berada di bawah capaian Agus Prayogo yang merupakan peraih medali emas cabang lari marathon bagi Indonesia di SEA Games terdahulu, namun di Maybank Marathon ke-10 Rikki mampu menyalip posisi seniornya tersebut.

"Saya tidak menyangka karena saingan saya berat-berat dari atlet nasional, PON, SEA Games. Ini persiapannya dari pelatih, buat program sampai long run 30 kilometer," ujar dia.

Atas capaian perdananya, anggota TNI AD tersebut berharap agar ke depan namanya semakin dilirik dalam dunia atletik khususnya lari marathon.

Dalam Maybank Marathon 2022 yang terlaksana di Bypass Ida Bagus Mantra, Kabupaten Gianyar, Bali ini, Rikki Simbolon berhasil membawa pulang uang sebesar Rp125 juta sebagai podium pertama, disusul Agus Prayogo dan Welman Pasaribu.

Untuk juara marathon open pria atau kategori bagi pelari internasional dimenangi oleh Hassan Toriss asal Maroko dengan torehan waktu 2 jam 15 menit 38 detik. Disusul Kiprop Tonui (Kenya), dan Cornelius Chepkok (Kenya).

Pada kategori marathon nasional wanita Maybank Marathon ke-10, podium pertama masih menjadi singgasana atlet lari asal DKI Jakarta Odekta Naibaho. Peraih medali emas SEA Games itu bahkan meningkatkan rekornya pada perhelatan milik Maybank Indonesia ini dengan capaian waktu 2 jam 55 menit 45 detik.

Podium dua untuk kategori yang sama diraih Irma Handayani dan Dwi Tiansi Anggraini. Pada kategori open, untuk putri dijuarai oleh pelari Uganda Immaculate Chemutai dengan waktu 2 jam 42 menit 32 detik, disusul Elizabeth Chepkanan Rumokol (Kenya) dan Betty Jepleting (Kenya).

Selain kategori Full Marathon jarak 42 kilometer, Maybank Marathon 2022 juga membagi kategori ke jarak 21 kilometer atau Half Marathon dan 10K atau 10 kilometer.

Pada Half Marathon kategori open bagi pria dimenangi oleh Mathew Samperu (Kenya) dengan waktu 1 jam 2 menit 8 detik, sekaligus sebagai peserta pertama yang tiba di garis finis setelah tiap kategori dilepas Minggu pagi.

Baca juga: 10.000 peserta ramaikan Maybank Marathon 2022

Samperu kemudian diikuti di garis akhir oleh pelari satu negaranya yaitu John Mairuri dan Joseph Mwangi Ngare.

Sementara itu pengisi podium Half Marathon nasional putra adalah Syamsuddin Massa dengan catatan waktu 1 jam 10 menit 42 detik, disusul Nurshodiq 1 jam 11 menit 19 detik sehingga menduduki podium dua dan podium tiga diisi oleh Musa.

Untuk Half Marathon kategori open bagi putri dijuarai oleh Rosemary Mumo Katua (Kenya) dengan waktu 1 jam 15 menit 11 detik, kemudian posisi dua dan tiga berturut turut Margaret Wangui dan Eva Desiana.

Di kategori nasional untuk putri pada jarak 21 kilometer atau Half Marathon dimenangi oleb Desi Kristiani dalam waktu 1 jam 28 menit 37 detik, dilanjutkan Fitri dan Yuliantari Utari.

Sementara pada kategori 10K Maybank Marathon 2022 Bali, juara open untuk putra diraih Rahmat Setiabudi di waktu 33 menit 12 detik disusul Jauhari Johan, dan Azwar.

Pada kategori open bagi putri jarak 10 kilometer dimenangi oleh Dian Ekayanti pada 44 menit 58 detik, dilanjutkan Bektiningsih Primadianfitri dan Laela Salsabila.

Untuk kategori 10K nasional putra pemilik podium pertama adalah warga Bali Gede Astawa dengan catatan waktu 34 menit 33 detik, dilanjutkan Ali topan dan Ridwan.

Dan yang terakhir untuk 10K nasional putri dimenangi oleh Nor Alia di waktu 45 menit 41 detik disusul Arceling Hada dan Evelyn Lai.

Baca juga: Maybank Marathon 2022 di Bali jaring 800 pelari dari luar negeri

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022