Madiun (ANTARA) - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengikuti kegiatan bersepeda bertajuk "Gowes Kemerdekaan 2022" di Kota Madiun dalam rangka membangun semangat nasionalisme warga yang menjadi bekal utama untuk bangkit dan pulih di masa pandemi COVID-19.

Kegiatan bersepeda yang digelar pada hari Ahad oleh Bakorwil Madiun tersebut, Gubernur Khofifah memberangkatkan sekaligus turut mengayuh sepeda bersama para bupati/wali kota. Di antaranya Wali Kota Madiun Maidi, Bupati Madiun Ahmad Dawami, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko, Bupati Magetan Suprawoto, Danrem 081 Dhirotsaha Jaya, Danlanud Iswahjudi, serta jajaran Kepala OPD Pemprov Jatim.

Gubernur Khofifah mengatakan Gowes Kemerdekaan merupakan bagian dari upaya membangun sinergi berbagai pihak dalam membangun semangat nasionalisme. Bulan Agustus, yang lekat sebagai bulan kemerdekaan disebutnya sebagai momentum yang pas untuk terus memupuk nasionalisme di semua lintas lini, elemen, hingga ke lintas daerah.

"Di momen akhir bulan Agustus ini, kita bersama-sama masih terus untuk membangun semangat nasionalisme. Mari kita maksimalkan membangun semangat nasionalisme kepada semua lini dan elemen, bahkan lintas daerah," ujar Khofifah di acara Gowes Kemerdekaan di Madiun.

Baca juga: Ganjar Pranowo dan Khofifah beri motivasi mahasiswa baru Unair

Baca juga: Gubernur Khofifah lepas ekspor 14.150 pasang sepatu ke China


Setiap elemen dimintanya untuk membangun format sesuai kearifan lokal, sehingga sedapat mungkin semuanya bisa menjadi pengukuh dan pengawal dari NKRI.

Selain penguatan semangat nasionalisme, melalui Gowes Kemerdekaan juga melibatkan peran serta UMKM yang diharapkan bisa beriringan dengan upaya percepatan pemulihan ekonomi. Sehingga, UMKM bisa terus menjadi tulang punggung terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di daerah.

"Gebyar UMKM kali ini juga beriringan dengan gowes kemerdekaan. Sesuai tema HUT Kemerdekaan RI, Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, UMKM tetaplah menjadi tulang punggung dari PDRB daerah. Bahkan UMKM menyumbang 57,81 persen terhadap PDRB Jatim," kata Khofifah.

Upaya pemulihan ekonomi yang terus masif tersebut, juga disebut sejalan dengan arahan pemerintah pusat guna merespon berbagai krisis yang sedang dihadapi dunia.

"Ketika dunia sedang menghadapi tiga krisis pangan, energi, dan krisis keuangan maka kita bangun semangat dan optimismenya supaya pulihnya lebih cepat, dan bangkitnya pun lebih kuat," katanya.

Gowes Kemerdekaan dilakukan dengan menempuh jarak 15 kilometer, melewati rute start di depan Kantor Bakorwil Madiun Jl. Pahlawan - Jl. Cokroaminoto - Jl. Musi - Jl. Trunojoyo - Jl. Soekarno Hatta - Jl. Kapten Tendean - Jl. Tanjung Raya - Jl. Setia Budi - Jl. Diponegoro - Jl. Sumatra dan finish kembali di Jl. Pahlawan. Kegiatan tersebut diikuti sekitar 5.000 peserta yang berasal dari wilayah Madiun Raya (eks-Keresidenan Madiun).

Di sela bazar UMKM tersebut Gubernur Khofifah berbaur dengan warga dan mengantre nasi pecel pincuk khas Madiun. Jauh dari kesan mewah, Gubernur perempuan pertama di Jatim tersebut begitu menikmati hidangan tradisional sambil menyaksikan kemeriahan Gowes Kemerdekaan 2022.

Berbagai hadiah kejutan dan hadiah lomba juga disiapkan dalam kegiatan tersebut, yakni sepeda motor, sepeda listrik, mesin Kopi, sepeda MTB, lemari es, TV, dan hadiah menarik lainnya. Gowes Kemerdekaan 2022 juga dimeriahkan aneka Bazar UMKM dari masyarakat Madiun Raya serta pemberian vaksinasi kepada 200 masyarakat.*

Baca juga: Wagub Sulut sebut Gubernur Jatim politikus berpolitik benar

Baca juga: Gubernur Jatim imbau masyarakat waspadai penularan cacar monyet

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022