Hal tersebut berguna untuk mengukur kredibilitas dan kualitas Mahasiswa FK UMI
Makassar (ANTARA) - Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia (FK UMI) Makassar berhasil meraih medali emas pada kompetisi penelitian World Youth Invention and Innovation Award (WYIIA) 2022 di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta pada 26 Agustus 2022.

Tim mahasiswa FK UMI yang terdiri dari Syarifah Fatimah Nissatuljannah (angkatan 2020), Andi Irma Yuniar dan Nurul Wahidah Yasid (2019) ini sukses keluar sebagai pemenang pada kategori lomba “Life Science”.

Andi Irma Yuniar, salah satu anggota Tim FK UMI di Makassar, Minggu, menjelaskan, selain meraih juara, tim FK UMI juga mendapatkan penghargaan khusus berupa “Doza Srekja Macedonia Special Award” dari Negara Macedonia.

"Alhamdulillah, rasa syukur sebesar besarnya bahwa dalam kesempatan ini penelitian kami bisa mempersembahkan yang terbaik bagi almamater kami, UMI yaitu berupa medali emas," katanya.

Baca juga: UMI Makassar gandeng kampus peringkat 70 dunia menuju pemeringkatan

"Semoga dapat menarik perhatian Inventors dari negara asing dengan apresiasi berupa "Doza Srekja Macedonia Special Award" dari Negara Macedonia," sambung Irma.

Dekan FK UMI Dr dr Nasruddin, Sp.OG(K) MARS, MSc, mengatakan, pihaknya bersyukur atas prestasi mahasiswanya.

"Hal tersebut berguna untuk mengukur kredibilitas dan kualitas Mahasiswa FK UMI. Juga tidak kalah penting akan bermanfaat untuk persiapan akreditasi FK UMI menuju unggul nantinya,” jelasnya.

Baca juga: Universitas Muslim Indonesia raih Akreditasi Institusi Unggul LLDikti

WYIIA 2022 merupakan salah satu ajang lomba Internasional yang diadakan oleh Indonesian Young Scientist Association (IYSA). Perhelatan kali ini berafiliasi dengan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang bertindak sebagai tuan rumah.

Puncak pelaksanaan serta pengumuman pemenang berlangsung saat Awarding Ceremony di UIN Yogyakarta.

Wakil UMI tampil membawakan proyek penelitian dengan judul “The Potential of Sumbawa Herbal Oil Based Oleogel as Burn Wound Dressing”.

Penelitian ini bertujuan menggali potensi Minyak Sumbawa sebagai bahan utama dalam produk berupa Oleogel yang bermanfaat sebagai balutan luka bakar.

Baca juga: Menteri Pendidikan Malaysia: Kunjungan ke UMI lawatan pertama ke RI
 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022