Jakarta (ANTARA) - Pelatih Manchester City Pep Guardiola memberikan sanjungan kepada penyerang Erling Haaland atas capaian trigolnya saat melawan Crystal Palace yang berakhir dengan skor 4-2 di Stadion Etihad, Manchester, Sabtu.

Disiarkan dari situs resmi, Sabtu, Guardiola menjelaskan Haaland lahir untuk mencetak banyak gol dan hal tersebut terbukti ketika penyerang asal Norwegia itu mencatatkan hat-trick di babak kedua.

"Dia telah melakukan apa yang telah dia lakukan sepanjang hidupnya, di Salzburg dan di mana pun dia berada, dia telah mencetak gol. Melawan tim-tim seperti ini, kami kesulitan karena mereka bertahan begitu dalam, tetapi dia memiliki naluri gol yang luar biasa," ungkap Guardiola.

"Tiga (gol yang dia cetak), terutama yang terakhir, tetapi yang pertama juga, semuanya merupakan gol yang bagus. Angka-angka untuk orang ini berada di luar. Yang paling penting adalah dia telah menetap dengan sempurna, dan dia adalah pria yang sangat rendah hati," sambung dia.

"Dia adalah orang yang menyenangkan. Dia lebih banyak mengobrol dengan orang-orang dari Akademi dan itu sangat berarti. Semoga dia bisa bahagia saat kita bersama," katanya.

Baca juga: Trigol Erling Halaand bantu City kalahkan Crystal Palace 4-2

Guardiola mengatakan juga terkesan dengan respon pemain berusia 22 tahun itu, meski sempat tertinggal dua gol, dia dengan cepat menjadi anggota integral di dalam skuad.

Pelatih asal Spanyol itu menjelaskan, dirinya melihat bahasa badan Haaland ketika tertinggal dua gol dan bagaimana mantan pemain Borussia Dortmund itu memberikan dorongan kepada rekan setimnya untuk bangkit.

Guardiola menilai, Haaland memiliki kontribusi yang besar pada pertandingan ini, selain torehan tiga gol, anak dari Alf-Inge Haaland itu turut terlibat dalam permainan dan kerap menemukan celah untuk membuat peluang.

"Dia tidak menembak bola, dia menempatkannya di jaring (gawang). Saya akan mengatakan nomor dari gol yang dia cetak adalah luar biasa," jelas Guardiola.

Baca juga: Guardiola sanjung cara Haaland respon kritik dengan dwigol
Baca juga: Klopp senang dengan respon Liverpool ketika bantai Bournemouth
Baca juga: Tuchel puji mentalitas Chelsea ketika kalahkan Leicester City

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022