Banjarmasin (ANTARA) - Sebanyak 1.212 mahasiswa baru Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) Kalimantan Selatan tahun akademik 2022/2013 dikukuhkan dan dua di antaranya dari negeri jiran Malaysia.

Direktur Poliban Joni Riadi saat membuka Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Poliban di Kampus Poliban Banjarmasin, Senin, mengatakan mahasiswa baru tahun ini ada dari pulau Jawa hingga negeri tetangga Malaysia.

Dua mahasiswa baru yang terdaftar di Poliban dari Malaysia, bernama Pendi Serenden yang mengambil program studi (Prodi) Pertambangan dan M Nikmat Hamado mengambil Prodi Teknik Mesin.

Dikatakan Joni, pada kegiatan PKKMB tahun 2022 ini diikuti sebanyak 1.248 mahasiswa, karena ada sebagian mahasiswa lama karena sebelumnya tidak mengikuti, semuanya dari 21 program studi.

Baca juga: Dua mahasiswa Poliban raih juara 3 bidang informatika di ajang KMIPN

Baca juga: Politeknik Negeri Sriwijaya juara umum Porseni politeknik 2022


Kegiatan PKKMB tahun ini bisa dilakukan secara tatap mata atau luring, berbeda dengan dua tahun sebelumnya yang harus dilaksanakan secara daring.

"Tapi tetap kita perhatikan protokol kesehatan, karena masih pandemi COVID-19," tuturnya.

Kegiatan PKKMB tahun ini juga berbeda, karenanya bertema "Happy & Friendly Campus", kegiatan dilangsungkan dengan keceriaan.

"Jadi tidak ada lagi bentak membentak, tidak ada lagi hukuman, kita buat senang-senang aja," papar Joni.

Kegiatan yang berlangsung selama empat hari ini tidak hanya sosialisasi pengenalan kampus, tapi juga proses pembelajaran atau perkuliahan.

"Termasuk juga mengenal prosedur bagaimana meminjam atau mempergunakan aset milik kampus," tuturnya.

Banyak lagi yang harus diketahui para mahasiswa baru pada kampus ini, sehingga mereka betul-betul memahami dan bisa dengan nyaman berkuliah di kampus ini hingga selesai.

Kampus vokasi itu bertujuan  melalui menciptakan SDM berkualitas dan siap kerja di dunia industri melalui 21 program studi, yakni, satu Prodi D2, 11 Prodi D3 dan 9 Prodi D4 atau sarjana terapan.*

Baca juga: Polsri Palembang sementara teratas pada Porseni Politenik

Baca juga: Gubernur Kalimantan Selatan buka Porseni Politeknik se-Indonesia


Pewarta: Sukarli
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022