sempat mengalami sedikit kesulitan ketika melakukan investigasi penyebab kebakaran
Jakarta (ANTARA) - Tim Laboratorium Kebakaran Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta menduga kelebihan beban listrik jadi penyebab terbakarnya permukiman di Jalan Swadaya PLN, Cakung, Jakarta Timur.

Petugas Tim Laboratorium Kebakaran, Darmanto mengatakan berdasarkan hasil pengecekan diduga terjadi kelebihan beban listrik atau overload dari salah satu rumah warga.

"Yang menjadi penyebab kebakaran ini kemungkinan dari instalasi listrik. Kami menduga dari bukti yang mengarah adanya overload jaringan listrik," kata Darmanto di Jakarta, Senin.

Darmanto  mengaku sempat mengalami sedikit kesulitan ketika melakukan investigasi penyebab kebakaran yang menghanguskan 40 rumah tersebut. Penyebabnya warga telah membersihkan lokasi kebakaran sehingga dikhawatirkan dapat menghilangkan bukti awal penyebab musibah tersebut.

"Sulit juga karena sumber apinya ketika kami datang  sudah rata dan bersih. Tapi ada satu dua yang sedikit untuk memperjelas bahwa di situ ada pola api, barang yang mudah terbakar," ucap Darmanto.

Lebih lanjut, Darmanto mengatakan pihaknya hanya melakukan pengecekan penyebab kebakaran dan tidak mengambil sampel dari lokasi kejadian tersebut.

"Kami memang tidak mengambil itu. Hanya pembelajaran bagi korban dan jangan terulang kembali di lingkungan sini," tutur Darmanto.

Sebelumnya kebakaran menghanguskan 40 rumah di permukiman padat penduduk Jl. Swadaya RT 13/2, Kecamatan Cakung Jakarta Timur, pada Senin sekitar pukul 03.24 WIB.

Musibah kebakaran itu terjadi diduga akibat korsleting listrik dari salah satu rumah warga hingga merambat ke rumah lain.

Sebanyak 16 unit mobil pemadam kebakaran dengan total 80 personel Sudin Gulkarmat Jakarta Timur dikerahkan untuk memadamkan api tersebut.

Api dapat dilokalisir oleh personel Sudin Gulkarmat Jakarta Timur setelah berjuang selama satu jam memadamkan si jago merah tersebut.

Setelah dilakukan pendinginan, proses pemadaman api dinyatakan selesai pada pukul 07.15 WIB.
Baca juga: Pemkot Jaktim dirikan tenda pengungsian bagi korban kebakaran Cakung
Baca juga: Kebakaran hanguskan 40 rumah di Cakung
Baca juga: Pembangunan Kampung Susun Cakung telan dana Rp52 miliar

 

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022