Pontianak (ANTARA) - Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Horisson mengatakan memberikan dukungan serta bantuan untuk Kota Singkawang yang dilanda bencana banjir.

"Terkait banjir di Singkawang, Pemprov siap memberikan dukungan dan bantuan jika dibutuhkan oleh pemerintah Kota Singkawang dalam menangani bencana banjir," kata Horisson di Pontianak, Senin.

Pemerintah provinsi sudah memberikan bantuan berupa keperluan medis, khususnya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Adul Aziz Kota Singkawang.

"Kemarin dari Dinas Kesehatan (Dinkes) sudah mengirim obat obatan dan langsung meninjau RSUD Dr. Abdul Aziz di Singkawang yang juga terkena banjir," tuturnya.

Baca juga: Dinkes Kalbar pastikan layanan di RSUD Singkawang setelah banjir

Baca juga: Lapas Singkawang aman pascabanjir besar


Menurut Horisson, dalam penanggulangan banjir yang terjadi di beberapa wilayah Kalbar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) akan selalu koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Provinsi dan pusat.

"Jadi, apa bila ada kebutuhan yang tidak dapat ditanggulangi, maka kita segera minta bantuan secara berjenjang," katanya.

Terkait bantuan, Harisson menyarankan agar pemerintah daerah, khususnya yang terdampak musibah banjir untuk mengajukan bantuan ke Pemprov Kalbar, sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan dana yang ada.*

Baca juga: Operasi pasien tetap berjalan meski RSUD Singkawang terendam banjir

Baca juga: Ketahanan pangan Singkawang di tengah banjir masih aman

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022