Jakarta (ANTARA) - Pasar otomotif Indonesia di kelas sport utility vehicle (SUV) semakin ramai, ditandai dengan ragam pilihan produk dari pabrikan Jepang, Eropa, Amerika hingga China yang berlomba memberikan produk terbaik dengan harga pas di kantong konsumen.

Kendati demikian, tidak banyak pabrikan yang berani memberikan SUV kelas menengah dengan harga di bawah Rp400 juta. Kisaran harga tersebut justru banyak dihuni oleh mobil-mobil dari kelas low SUV.

Kelas medium SUV sebenarnya terbagi dua, pertama adalah medium SUV ladder frame (sasis tangga) dengan ciri khas bodi bongsor semisal Nissan Terra, Mitsubishi Pajero Sport atau Toyota Fortuner.

Adapun tipe yang kedua adalah medium SUV dengan sasis monokok dengan para pemain antara lain Wuling Almaz, Honda CR-V, Hyundai Santa Fe, Nissan X-Trail, DFSK i-Auto, hingga VW Tiguan.

Baca juga: Chery Tiggo 8 Pro sasar pebisnis berorientasi keluarga

Mayoritas mobil di kelas medium SUV dijual dengan harga di atas Rp500 juta. Kendati demikian ada juga beberapa jenama yang berani melego mobilnya dengan harga Rp400 juta ke bawah. Salah satunya adalah Wuling Almaz RS dengan harga mulai Rp367,1 juta untuk varian EX 5-seat hingga Rp399,2 juta untuk tipe Pro.

Almaz RS
Almaz RS Series (ANTARA/HO) (ANTARA/HO) (ANTARA/HO)


Wuling merupakan pabrikan pertama di Indonesia yang memberikan berbagai teknologi "intelligent digital" pada mobil-mobilnya. Wuling Almaz RS misalnya, dengan harga di bawah Rp400 jutaan, konsumen sudah mendapatkan fitur remote control apps dengan internet of vehicle (IoV). 

Almaz RS dengan logo Wuling berkelir silver sebagai simbol brand berkelas global juga menyematkan inovasi teknologi semi-otonom Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE), Internet of Vehicle hingga Advanced Driver Assistance System (ADAS).

WISE adalah inovasi terbaru dari Wuling untuk menciptakan ekosistem pintar yang dapat menghubungkan pengguna dengan mobil melalui fasilitas Internet of Vehicle dan memaksimalkan keamanan melalui fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS) untuk memberikan kemudahan serta kenyamanan dalam perjalanan.

Khusus untuk Almaz RS dengan harga di bawah Rp400 juta, fitur itu terbagi melalui empat kategori, yaitu Adaptive Cruise, Lane Recognition, Safe Distance & Braking Assistance, dan Automatic Light dengan total 12 fitur di dalamnya.

Kecanggihan Wuling Almaz dapat langsung terlihat melalui head unit yang menampilkan WIND (Wuling Indonesian Command) berupa sistem perintah suara berbahasa Indonesia untuk mengoperasikan berbagai fitur antara lain radio, sunroof, volume audio, kontak telepon, AC dan lain sebagainya.

Head unit yang dikemas dalam cangkang Smart Multimedia berukuran 10,4 inci touchscreen itu juga menampilkan berbagai informasi dan fitur-fitur kendaraan yang sedang beroperasi, termasuk Wuling Link yang menghubungkan ponsel Anda dengan mobil, kamera 360 dan pemantau tekanan ban (TPMS). Terdapat juga layar MID berukuran 7 inci di panel speedometer.

Ada juga fitur electric seat adjuster, ekstensif panoramic sunroof, audio by Harman, dual SRS airbag dan ISOFIX, parking sensor depan belakang hingga emergency stop signal, yang membuat mobil itu kaya fitur di kelasnya.

Wuling menyematkan mesin turbo 1.500cc (4 cylinders, in-line, DOHC, DVVT, Turbocharger) berdaya maksimal 140 HP dan torsi 250 Nm. Mesin itu dilengkapi CVT (Continuously Variable Transmission) terkini dari Bosch yang menawarkan perpindahan transmisi halus dan responsif dengan 8-speed manual simulation.

Untuk keamanan, Almaz tipe RS dibekali sistem ADAS yang diperkuat teknologi sensor radar dan kamera. ADAS mendukung fungsi-fungsi bantuan dalam empat kategori, yakni Adaptive Cruise, Lane Recognition, Safe Distance & Braking Assistance, serta Automatic light.

Dengan deretan teknologi tersebut, konsumen dengan budget Rp400 juta ke bawah justru bisa mendapatkan medium SUV dengan fitur yang setara dengan SUV kelas premium.

Baca juga: Taktik Chery masuk pasar otomotif premium Indonesia lewat Tiggo Series

Baca juga: Mencicip rasa berkendara EV mungil Wuling Air

Baca juga: Wuling Cortez Series, lega & fitur berlimpah harga mulai Rp228,5 juta
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022