Tokyo (ANTARA) - Saham-saham Tokyo berakhir melemah tajam pada Senin, di bawah level psikologis 28.000, menyusul pernyataan Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell tentang kelanjutan kebijakan moneter agresif yang memicu kekhawatiran tentang kesehatan masa depan ekonomi AS.

Indeks acuan Nikkei 225 di Bursa Efek Tokyo (TSE) merosot 762,42 poin atau 2,66 persen menjadi 27.878,96 poin, menandai level terendah sejak 10 Agustus. Sementara itu, indeks Topix yang lebih luas jatuh 35,49 poin atau 1,79 persen, menjadi 1.944,10 poin.

Powell, selama pidato kebijakan tahunan di Jackson Hole, Wyoming pada Jumat (26/8/2022), menggarisbawahi komitmen berkelanjutan bank sentral AS untuk memerangi inflasi, dengan mengatakan bank sentral akan menggunakan alatnya "secara paksa" sehingga "tidak ada tempat untuk berhenti atau jeda" meskipun suku bunga lebih tinggi membawa "kesakitan bagi rumah tangga dan bisnis."

Para analis mengatakan pernyataan Powell mengirim S&P 500 AS dan Nasdaq yang sarat teknologi jatuh akhir pekan lalu, dengan saham berjangka mengarah ke saham AS yang semakin mundur pada Senin karena semua tanda mengarah ke kenaikan suku bunga 75 basis poin di pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) berikutnya pada 20-21 September.

Ahli strategi di sini mengatakan bahwa investor masih bertaruh Fed akan mulai mengurangi kenaikan suku bunga tahun ini menyebabkan aksi jual luas di tengah kekhawatiran kenaikan Fed untuk memerangi inflasi, saat ini pada level tertinggi 40 tahun, akan berdampak pada ekonomi AS sampai pada titik itu bisa jatuh ke dalam resesi.

"Investor terlalu optimis, mengharapkan The Fed akan mulai membatasi kenaikan suku bunga tahun ini," kata Norihiro Fujito, ahli strategi investasi senior di Mitsubishi UFJ Morgan Stanley Securities Co.

"Oleh karena itu, pernyataan Powell mengejutkan investor dan menyebabkan penjualan di seluruh Asia setelah Dow turun lebih dari 1.000 poin," kata Fujito.

Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa saham Jepang dapat melanjutkan tren turun mereka pada Selasa.

Dari perspektif jangka panjang, ahli strategi lain mengatakan, bahwa jika saham AS rebound, pasar di sini akan mengikuti, tetapi jika pasar AS tetap di bawah tekanan, saham Jepang akan mundur menjelang pertemuan pengaturan kebijakan Fed berikutnya.

"Ada peluang bagus untuk rebound di saham AS hari ini, dari perspektif teknis," kata Kazuo Kamitani, ahli strategi di Nomura Securities.

"Jika itu masalahnya, saham Jepang juga harus naik secara bertahap. Tetapi jika saham AS jatuh lagi, saham Jepang harus terus meluncur menuju 27.000 menjelang pertemuan FOMC berikutnya," kata Kamitani.

Pada penutupan mayoritas sektor di papan utama menurun, dengan pertambangan dan produk minyak dan batu bara satu-satunya yang mendapatkan keuntungan.

Saham-saham teknologi tinggi mengikuti rekan-rekan mereka di AS lebih rendah, dengan saham berkapitalisasi besar Tokyo Electron dan Advantest masing-masing anjlok 5,1 persen dan 4,2 persen.

Saham kelas berat Nikkei membebani pasar yang lebih luas, dengan operator toko pakaian Uniqlo, Fast retailing tenggelam 2,8 persen, sementara investor startup teknologi SoftBank Group merosot 3,7 persen.

Namun, pembuat mobil naik terbantu penurunan tajam yen terhadap dolar AS, karena eksportir bergantung pada yen yang lebih lemah untuk meningkatkan keuntungan yang dihasilkan di luar negeri ketika dipulangkan.

Dengan demikian, Mazda naik 1,0 persen, Subaru naik 0,8 persen dan Isuzu melompat 2,2 persen. Honda Motor, sementara itu, berakhir di wilayah positif setelah berbalik lebih awal, ditutup 0,4 persen lebih tinggi.

Baca juga: Saham Tokyo ditutup lebih tinggi, tetapi dibatasi jelang keputusan Fed

Baca juga: Indeks saham Nikkei ditutup di atas 29.000, pertama dalam tujuh bulan

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2022