Ambon (ANTARA) - Gubernur Maluku Murad Ismail meninjau sejumlah sarana dan prasarana di Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar guna memastikan seluruh persiapan dan keamanan terkait kunjungan Presiden Joko Widodo ke wilayah perbatasan itu pada 1-2 September 2022.

"Saya bersama Forkopimda berada di Saumlaki sejak Minggu (28/8). Kehadiran kami untuk memastikan kunjungan Bapak Presiden Jokowi bersama Ibu Negara berjalan lancar dan mendapat sambutan hangat komponen masyarakat," kata Gubernur Murad yang dikonfirmasi dari Ambon, Senin.

Menurut Murad, kehadiran Presiden Jokowi bersama sejumlah Menteri di wilayah yang berbatasan dengan negara tetangga Australia itu, akan sangat berdampak bagi kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Tanimbar.

Baca juga: Presiden akan resmikan fasilitas pelabuhan di Maluku Utara

Menyangkut keamanan kunjungan Presiden, Gubernur memastikan berkoordinasi langsung dengan Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif dan Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa.

"Kami berharap kunjungan Presiden dapat menjawab kerinduan masyarakat Tanimbar akan kemajuan pembangunan, khususnya Proyek Strategis Nasional (PSN) Ladang Gas Abadi Blok Masela," ujarnya.

Gubernur bersama Pangdam Pattimura dan Kapolda Maluku serta Penjabat Bupati Kepulauan Tanimbar Danniel Edward Indey, mengunjungi Pasar Olilit, Kecamatan Tanimbar Selatan untuk melihat kondisi terkini pasar tradisional itu. Selain itu, juga berdialog dengan pedagang yang sedang beraktivitas.

Kunjungan ke pasar tradisional itu juga untuk mengatur alur lalu lintas, khususnya rombongan Presiden yang akan mengunjungi pasar tersebut. Gubernur Murad juga berdialog dengan beberapa pedagang ikan dan memborong ikan mereka seharga Rp200 ribu.

Murad bersama Forkopimda Maluku juga mengunjungi lokasi proyek yang sedang dikerjakan oleh Kementerian PUPR, yakni lokasi MTQ di Saumlaki yang sedang ditata kawasannya, optimalisasi Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Wonmorelin serta pembangunan rumah susun (rusun) milik Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Gubernur memastikan hingga hari ini rencana kunjungan Presiden Jokowi ke Tanimbar belum berubah. "Jadwalnya belum berubah. Bapak Presiden dan Ibu negara akan terbang dari Bandara Timika pukul 15.10 WIT menggunakan pesawat ATR 72500 pada Kamis (1/9) dan tiba di Bandara Mathilda Batlayeri Saumlaki pukul 17.30 WIT, dan akan bermalam di Tanimbar.

Baca juga: Peninjauan karamba akhiri kunjungan Presiden Jokowi di Maluku

Baca juga: Presiden Jokowi resmikan empat proyek kelistrikan Papua & Maluku


Sedangkan pada Jumat (2/9) Presiden RI bersama Ibu Iriana dan sejumlah menteri akan mengunjungi pasar Olilit untuk menyerahkan bantuan berupa modal kerja kepada para pedagang di pasar tradisional itu, selanjutnya melakukan peninjauan kawasan MTQ Saumlaki, kawasan Optimalisasi SPAM Wonmorelin serta rusun ASN Pemkab Kepulauan Tanimbar.

Sebelum bertolak kembali ke Jakarta dan transit di Kota Ambon, Presiden Jokowi akan menyerahkan bantuan minyak goreng kepada peserta Program Keluarga Harapan (PKH) di Saumlaki dan kepada pedagang kaki lima (PKL).

Pewarta: Jimmy Ayal
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022