Jakarta (ANTARA) - Kompetisi bola basket antarpelajar Honda DBL 2020 seri Jakarta kembali bergulir mulai Agustus hingga November dengan menerapkan format empat wilayah setelah sempat absen pada 2020 karena pandemi COVID-19.

Pada musim 2021, DBL juga terpaksa digelar secara terpusat di satu wilayah di GOR Cempaka Putih karena adanya pembatasan kegiatan masyarakat. Namun DBL seri Jakarta tahun ini kembali bergulir di empat wilayah, dimulai dari Jakarta Barat, Jakarta Pusat dan Jakarta Utara, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur.

Rangkaian seri Ibu Kota dimulai pada Senin (29/8) di GOR Grogol, Petamburan, yang dibuka dengan duel antara tim putra SMK Yadika 2 Jakarta versus SMA IPEKA Tomang, dilanjutkan laga putri antara SMA 1 Penabur Jakarta versus SMK Yadika 2 Jakarta, serta ditutup laga putra MAN 10 Jakarta versus SMA 1 Penabur Jakarta.

“Tahun lalu DBL digelar tanpa penonton dan hanya digelar di satu wilayah saja, tidak seperti biasanya. Tahun ini setelah pemerintah mengizinkan kembalinya penonton, maka DBL kembali digelar dengan format seperti biasa sebelum COVID-19, di mana ada empat wilayah dan ditutup dengan Championship Series Jakarta,” kata General Manager DBL Indonesia Yondang Tubangkit dalam pembukaan DBL Seri Ibu Kota, di Jakarta, Senin.

DBL seri Jakarta diikuti 140 tim basket dari 80 Sekolah Menengah Atas. Juara dan runner-up dari masing-masing wilayah akan kembali bersaing pada fase puncak Championship Series untuk menentukan tim juara putra dan putri untuk seri DKI Jakarta.

Selain mencari tim-tim juara Honda DBL with KFC 2022 seri Ibu Kota, kompetisi tersebut juga akan menjaring pemain-pemain yang berhak terpilih sebagai KFC First Team dan Second Team 2022 DKI Jakarta Series untuk mengikuti KFC DBL Camp pada 2023 mendatang.

Para pemain tersebut nantinya akan diseleksi untuk menjadi bagian dari KFC DBL Indonesia All-Star yang akan terbang ke Amerika Serikat untuk mendapat belajar sekaligus pengalaman latih tanding dengan tim basket pelajar AS pada sekitar Mei 2023 nanti.

Wakil Ketua Umum Bidang Pembinaan Prestasi PP Perbasi George Fernando Dendeng menyambut positif pergelaran DBL Indonesia yang kembali berlangsung normal. Ia mengatakan kompetisi tersebut menjadi salah satu pencarian bakat pemain yang punya potensi bergabung di tim nasional.

“Ini panggung yang bagus untuk pemain-pemain kelompok umur. Tujuannya salah satunya untuk mencari pemain terbaik yang bisa dipilih untuk timnas… Tapi nanti kami juga akan lakukan scouting lagi ke depannya,” kata George.

Honda DBL with KFC digelar di 30 kota dari 22 provinsi mulai dari Aceh hingga Papua. Namun beberapa seri telah berlangsung terlebih dahulu, yang dimulai dari Kota Surabaya, pada 18 Agustus lalu. Lalu berlanjut ke Palembang (Seri Sumatera Selatan) dan Padang (Seri Sumatera Barat) yang dimulai serentak pada 19 Agustus. Kemudian, bergulir di kota-kota lain se Indonesia sebelum ditutup di Kota Kupang (Seri Nusa Tenggara Timur) pada Maret 2023 mendatang.

Berikut jadwal DBL 2022 seri Jakarta:

Jakarta Barat
29 Agustus – 2 September di GOR Grogol

Jakarta Utara-Jakarta Pusat
16- 23 September di GOR Cempaka Putih

Jakarta Selatan
5- 13 Oktober di GOR Bulungan

Jakarta Timur
20- 28 Oktober di GOR Rawamangun

Championship Series :
11-19 November di GOR Soemantri Brodjonegoro

Baca juga: Sebanyak 234 pebasket pelajar ikuti DBL Camp 2022 di Surabaya
Baca juga: Penyelenggaraan DBL diharapkan meluas ke seluruh kota di Indonesia

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022