Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Hinca Pandjaitan mengingatkan Jordi Amat dan Sandy Walsh untuk menjaga sikap saat sudah sah menjadi warga negara Indonesia.

"Kalau 'knowledge' sepak bolanya oke, 'attitude' juga harus baik," ujar Hinca di Ruang Rapat Komisi III DPR RI, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin.

Pria yang sempat menjabat sebagai pelaksana tugas Ketua Umum PSSI pada tahun 2016 itu pun mengingatkan apa yang pernah terjadi pada Diego Michiels.

Diego, pemain berpaspor Belanda yang dinaturalisasi menjadi WNI pada tahun 2011, beberapa kali terlibat kasus pidana di Indonesia dan bahkan pernah dipenjara karenanya.

"Jangan sampai itu terulang. Kita semua masih ingat persoalan Diego," kata Hinca.

Baca juga: DPR RI setujui Jordi Amat dan Sandy Walsh jadi WNI

Salah satu yang bisa menjadi solusi untuk mencegah pelanggaran-pelanggaran serupa, dia melanjutkan, adalah dengan memberikan pendampingan dari sisi aspek luar sepak bola, terutama budaya.

Budaya Spanyol (negara asal Jordi Amat) dan Belanda (asal Sandy Walsh) disebut Hinca jauh berbeda dari Indonesia.

"Naturalisasi ini juga berarti menaturalisasi budaya dan tata cara setempat. Misalnya, mereka tak boleh 'kuping tipis' karena di Indonesia, begitulah. Kalau bermain bagus didukung, jelek sedikit rawan 'dibully'. Jadi mental harus kuat," tutur Hinca.

Komisi III DPR RI menyetujui pemberian warga negara Indonesia kepada Jordi Amat dan Sandy Walsh pada Senin (29/8).

Namun, pewarganegaraan mereka belum tuntas. Sebab, dari DPR RI, proses akan berlanjut ke Kementerian Sekretariat Negara lalu menuju Presiden Joko Widodo yang akan mengeluarkan Keputusan Presiden terkait hal itu.

Baca juga: Wamenkumham: Dokumen naturalisasi Shayne Pattynama di Kemensetneg

Jordi Amat (30) dan Sandy Walsh (27) merupakan pesepak bola berposisi bek yang masing-masing berasal dari Spanyol serta Belanda.

Mereka lama berkarier di Eropa. Jordi, seorang bek tengah, sempat memperkuat tim-tim seperti Espanyol, Swansea City dan Real Betis. Kini, dia merumput di Liga Super Malaysia bersama tim Johor Darul Ta'zim.

Sementara Sandy Walsh adalah pesepak bola yang tak pernah berkarier di luar Belgia. Saat ini, bek kanan itu tercatat sebagai pemain reguler klub KV Mechelen di Liga Belgia.

Baca juga: Menpora dukung sikap tegas PSSI hukum wasit berkinerja buruk

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2022