Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengatakan investasi industri semikonduktor meningkat dipicu kenaikan permintaan global.

Hal ini sebagaimana tampak dari ekspansi area produksi yang dilakukan PT Infineon Technologies BatamPT Infineon Technologies Batam pada April 2022 dengan pembelian real estate dari PT Unisem di Kawasan Industri Batamindo Industrial Park.

"Ekspansi ini dilatarbelakangi pemenuhan gap kebutuhan Integrated Circuit (IC), mengingat sejak boundaries di beberapa negara dibuka pasca pandemi COVID-19, terjadi lonjakan permintaan IC yang cukup besar, yang semula 10 juta IC per minggu menjadi 20 juta IC per minggu," kata Susiwijono dalam keterangan resmi, Selasa.

Ekspansi yang menggandakan kapasitas area produksi ini merupakan bagian dari strategi investasi jangka panjang Infineon Technologies AG dengan angka investasi berkisar 2,4 miliar euro untuk tahun fiskal 2022.

Adapun PT Infineon Technologies Batam merupakan sebuah perusahaan industri asal Jerman yang bergerak di bidang semikonduktor dan telah menyerap sekitar 2.000 tenaga kerja sejak 6 Maret 1996.

Baca juga: Tingkatkan produksi migas, Sesmenko Perekonomian sambangi PT McDermott

Berdiri di atas lahan area seluas 83.000 meter persegi yang setara dengan 11 lapangan bola, PT Infineon Technologies Batam terletak di kawasan Batamindo Industrial Park, Batam, dan merupakan bagian dari segitiga pertumbuhan ekonomi Indonesia-Singapura-Malaysia.

Sebagai salah satu perusahaan di Indonesia yang ditetapkan sebagai National Lighthouse Industry 4.0, PT Infineon Technologies Batam akan menjadi role model bagi pelaku industri di sektor tersebut, serta menjadi mitra dialog Pemerintah dalam implementasi industri 4.0 di Indonesia.

Pemerintah terus berupaya memfasilitasi dan memberikan kemudahan bagi para investor untuk meningkatkan investasi di bidang industri berteknologi tinggi dan membuka peluang dalam mengembangkan pabrik semikonduktor di Indonesia.

"Dengan demikian, industri semikonduktor diharapkan dapat ikut berperan dalam rantai pasok chip global serta memiliki kontribusi penting bagi perekonomian nasional," kata Susiwijono.

Baca juga: Pemerintah dorong efisiensi industri aviasi guna turunkan harga tiket

Baca juga: Menko Airlangga: Pemerintah terus berinovasi dorong ekosistem digital


Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022