Kelurahan Marunda termasuk kategori baik dalam melaksanakan imunisasi anak selama gebyar BIAN dengan pencapaian lebih dari 80 persen
Jakarta (ANTARA) - Kecamatan Cilincing bersama Badan Usaha Pelabuhan (BUP) PT Karya Citra Nusantara (KCN) tetap menyediakan layanan imunisasi anak di setiap kelurahan meski gebyar Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN)  berakhir pada Agustus 2022.

"BIAN memang selesai Agustus ini, tapi kami tetap menyediakan layanan imunisasi," kata Sekretaris Kecamatan Cilincing Idham Mugabe saat memonitor pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dan imunisasi anak di Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) Gabus Pucung Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, Selasa.

Menurut Idham, adanya gebyar BIAN merupakan suatu pemantik perhatian masyarakat terhadap pentingnya memberikan imunisasi kepada anak supaya tercipta kekebalan dari berbagai penyakit berbahaya seperti Campak, Rubella, Polio, dan lain-lain.

Kelurahan Marunda termasuk kategori baik dalam melaksanakan imunisasi anak selama gebyar BIAN dengan pencapaian lebih dari 80 persen.

"Marunda ini memang awalnya rendah, di awal-awal bulan. Tapi pertengahan ke sini, dia mulai melonjak naik, bukan yang di bawah lagi sekarang sudah termasuk yang pencapaiannya bagus untuk tingkat kelurahan," kata Idham.

Pemerintah Kota Jakarta Utara pun melibatkan Badan Usaha Pelabuhan (BUP) PT Karya Citra Nusantara (KCN) untuk membantu menyukseskan program pemerintah terkait vaksinasi COVID-19 dan imunisasi anak bagi warga Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Marunda, Cilincing, Jakarta Utara yang berlangsung Selasa sampai Rabu (31/8).

Menurut Idham kebutuhan pemerintah untuk mengakselerasi pencapaian vaksinasi COVID-19 dan imunisasi anak di lingkungan Rusunawa Marunda, sejalan dengan keinginan PT KCN untuk berkontribusi dalam bidang kesehatan masyarakat.

Pemkot Jakut melalui Kecamatan Cilincing kemudian juga mengoordinasikan kegiatan vaksinasi COVID-19 di Rusunawa Marunda bersamaan dengan pelaksanaan imunisasi anak dengan melibatkan Puskesmas Kecamatan Cilincing dan Puskesmas Kelurahan Marunda menyediakan vaksin dan tenaga kesehatannya.

Vaksin COVID-19 yang disediakan jenis Sinovac dan Pfizer, sedangkan untuk imunisasi disediakan beragam vaksin antara lain Measles Rubella (MR), Pentavalen (DPT, Hepatitis B, HiB), IPV, dan OPV.

Adapun sasaran imunisasi anak adalah anak yang berumur maksimal 59 bulan (bawah lima tahun/balita). Sedangkan sasaran vaksinasi COVID-19 adalah warga berumur enam tahun ke atas dengan kuota maksimal 150 orang per hari.

Sentra imunisasi dan vaksinasi tersebut dibuka di RPTRA Gabus Pucung RT07/RW07 karena lebih dekat menjangkau warga Rusunawa Marunda yang menempati RW10, RW11, dan RW07 Kelurahan Marunda. (Adv)

Baca juga: Cikoko jemput bola warga demi percepat program imunisasi anak
Baca juga: Pemkot Jakbar jaring 55 persen anak pada bulan imunisasi anak nasional
Baca juga: Anak baru sembuh dari COVID-19 boleh divaksin campak rubela

 

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022