Dari bulan Februari sampai sekarang sudah panen dua kali
Jakarta (ANTARA) - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kelurahan Ancol menyiapkan program revitalisasi lahan terutama yang tidak produktif agar bisa dikembangkan untuk pertanian dan peternakan sebagai upaya mengatasi tengkes atau stunting.

Sebagai contoh lahan bernama Taman Produktif PKK Kelurahan Ancol itu yang mampu menghasilkan berbagai jenis tanaman sayuran, buah-buahan, dan juga memiliki kolam ikan yang dagingnya kaya dengan Omega 3.

"Awalnya, lahan yang ada ini tidak produktif dan tekstur tanahnya sulit untuk ditanami namun dengan semangat kolaborasi kami bertekad untuk merevitalisasi lahan tersebut menjadi Taman Produktif PKK Kelurahan Ancol yang akan bermanfaat untuk warga sekitar," kata Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Ancol Ena Suhaenah di Taman Produktif PKK Kelurahan Ancol, Selasa.
Tanaman Terong di Taman Produktif PKK Kelurahan Ancol di Pademangan, Jakarta Utara menunjukkan tanda-tanda bisa segera dipanen pada Selasa (30/8/2022). ANTARA/HO-Kominfotik Jakut


Sejak bulan Februari 2022, kata Ena, TP PKK Kelurahan Ancol berupaya menanami lahan di dekat Puskesmas Kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara itu dengan beragam jenis tanaman produktif mulai dari kacang panjang, terong ungu, kangkung, cabe, tomat, jagung, timun, dan lainnya.

"Dari bulan Februari sampai sekarang sudah panen dua kali. Hasil kebun kami berikan untuk penanganan balita stunting di wilayah Kelurahan Ancol," ujar Ena.

TP PKK Kelurahan Ancol memberikan hasil panen sayuran mereka secara cuma-cuma ke rumah warga yang terdeteksi memiliki balita tengkes sebagai bentuk kepedulian.

"Setiap bulannya, kami kirim sayuran atau hasil panen lainnya sebagai bahan makanan tambahan untuk peningkatan gizi balita. Ini adalah bentuk dukungan kita dalam penanganan balita stunting," kata Ena.

Ena berharap hasil panen Taman Produktif PKK Kelurahan Ancol bermanfaat bagi masyarakat sekitar, terutama untuk meningkatkan gizi balita. Dan ke depan, bisa juga menjadi ladang edukasi untuk berbagi ilmu tentang tanaman dan berbagai wisata edukasi lainnya.
Baca juga: Angka stunting di Jakpus ditarget di bawah tiga persen
Baca juga: PKK: Stunting problem kompleks yang harus dihadapi dari berbagai sisi
Baca juga: Pemkot Jaksel gelar konvergensi percepatan penurunan tengkes

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022