Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengajak sesama perempuan untuk mendukung satu sama lain agar dapat maju bersama.

"Mari sesama perempuan saling mendukung dan mengispirasi untuk jadi perempuan berdaya, anak terlindungi, Indonesia maju," kata Bintang dalam pembukaan pameran foto "Kebaja Saja" di Galeri Foto Jurnalistik Antara, Jakarta, Selasa.

Pameran "Kebaja Saja" digelar dalam rangka memperingati HUT RI, dan memamerkan 77 foto yang menggambarkan penggunaan kebaya di Nusantara dari awal 1900 hingga foto terbaru gerakan kampanye Kebaya Goes To UNESCO.

Baca juga: KPPPA: Kolaborasi jadi kekuatan untuk capai perempuan mandiri

"Walau masih ada ketimpangan gender, tapi 77 tahun Indonesia merdeka kita sudah lihat perempuan makin merdeka tahun demi tahun," katanya.

Menteri Bintang jadi salah satu orang yang melenggang di peragaan busana kebaya, bagian dari pembukaan pameran foto "Kebaja Saja" yang diselenggarakan Kantor Berita ANTARA melalui Galeri Foto Jurnalistik Antara dan Redaksi Foto Kantor Berita ANTARA bekerja sama dengan KITLV-Jakarta.

Sebanyak 17 perempuan lintas profesi seperti Shahnaz Haque, Lola Amaria, Sundari Soekotjo hingga Bella Fawzi memeriahkan peragaan busana ini, mengenakan kebaya merah dan putih. Bintang memakai kebaya dengan gaya Bali, dipadu dengan bawahan kain NTT dengan bordir Jawa dan dipercantik dengan selendang Bali.

"Berkumpulnya perempuan hebat dan luar biasa ini semoga adi inspirasi satu sama lain," kata Bintang.

"Kebaja Saja" menghadirkan foto para pewarta Kantor Berita ANTARA, koleksi IPPHOS, arsip KITLV- Perpustakaan Universitas Leiden-Belanda, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dan Nationaal Archief & Nederlands Instituut Voor Militaire Historie. Pameran "Kebaja Saya" berlangsung hingga 30 September 2022.

Baca juga: AMAN: Keterlibatan perempuan dalam aksi teror ubah tren terorisme

Baca juga: Wanita punya kebutuhan nutrisi berbeda di tiap jenjang usia

Baca juga: Menteri PPPA: Perempuan saling dukung wujudkan perempuan yang berdaya

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022