perjalanan perahu Sandeq akan dikawal oleh TNI
Polman (ANTARA) - Sebanyak 34 perahu tradisional sandeq mulai berlayar menuju Ibu Kota Negara (IKN) baru di Provinsi Kalimantan dari pantai pelabuhan Tanjung Silopo Kabupaten Polewali Mandar (Polman) Provinsi Sulawesi Barat

Penjabat Gubernur Sulbar, Akmal Malik beserta pejabat pemerintah di Sulbar dan Bupati se-Sulbar melepas perahu sandeq Sulbar dengan terlebih dahulu menggelar ritual budaya "Mapparondong Lopi" di Kabupaten Polman, Rabu.

Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik mengaku berterima kasih kepada para passandeq atau orang yang mengemudikan perahu sandeq atas semangatnya yang melestarikan mahakarya maritim Indonesia dengan digelarnya Festival Sandeq ini.

Ia mengajak, masyarakat Sulbar untuk mendoakan passandeq agar senantiasa diberikan perlindungan dan kesehatan hingga sampai pada tujuannya, di IKN.

Baca juga: Festival Perahu Sandeq Sulbar singgahi dua pulau di Selat Makassar
Baca juga: Sulbar matangkan pelaksanaan festival perahu tradisional Sandeq

Menurut dia, perahu tradisional Sandeq Sulbar dijadwalkan akan tiba di IKN pada 9 September 2022 mendatang, dan sebelumnya akan berlayar mengarungi wilayah Sulbar yakni menuju pantai Banggae dan pantai Deking di Kabupaten Majene hingga menuju pantai Kota Mamuju, yang jaraknya sejauh 170 kilometer

"Rute perahu tradisional Sandeq Sulbar sebelum tiba di IKN, juga akan singgah pada dua pulau yakni Pulau Ambo dan Pulau Salissingan, yang kedua pulau itu masih berada di wilayah kepulauan Kecamatan Balabalakang Kabupaten Mamuju serta berada di tengah Selat Makassar," katanya.

Kedu pulau itu akan menjadi tempat beristirahat dan transit perahu sandeq sebelum selanjutnya meneruskan perjalannya ke IKN dari wilayah Sulbar.

"Perjalanan perahu Sandeq akan dikawal oleh TNI untuk menjaga keselamatan para passandeq," katanya.

Penjabat Gubernur Sulawesi Barat Akmal Malik mengatakan pelaksanaan Festival Sandeq Sulbar menelan anggaran Rp4,7 miliar dari pihak sponsor dan dukungan swasta, dan anggaran yang dibutuhkan tersebut tidak berasal dari APBD Sulbar.

Baca juga: Gubernur Sulbar bantu nelayan dengan beri perahu Sandeq
Baca juga: Peserta lomba perahu layar Mandar Sandeq Race disambut meriah

Ia juga menyampaikan, telah disepakati bersama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali, bahwa festival perahu tradisional Sandeq, digelar bersama dengan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang jatuh setiap 9 September di IKN.

Menurut dia Festival Sandeq untuk menyampaikan pesan kepada seluruh masyarakat Indonesia bahwa melalui budaya Sandeq, Pemprov Sulbar memberikan dukungan pembangunan IKN.
Penjabat Gubernur Sulbar, Akmal Malik beserta pejabat pemerintah di Sulbar dan Bupati se Sulbar melepas perahu sandeq Sulbar dengan terlebih dahulu menggelar ritual budaya "Mapparondong Lopi" di Tanjung Silopo Kabupaten Polman, Rabu (31/8/2022). ANTARA/M Faisal Hanapi

"Sebanyak 34 perahu sandeq akan berlayar ke Pulau Kalimantan sebagai tanda atau simbol yang dibungkus dalam budaya Sulbar, bahwa 34 provinsi di Indonesia siap memberikan dukungan percepatan pembangunan IKN," katanya.

Baca juga: Lomba "Sandeq Race" dapat sambutan meriah

Pewarta: M.Faisal Hanapi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022