membuat posisi Sulbar semakin strategis sebagainya penyangga IKN
Mamuju (ANTARA) - Maskapai penerbangan Susi Air melakukan penerbangan perdana melayani rute penerbangan Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur menuju Kota Mamuju Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar).

Penjabat Gubernur Sulbar, Akmal Malik di Mamuju, Rabu (31/8), mengatakan, dengan beroperasinya Susi Air melayani rute Mamuju-Balikpapan maka akan memperlancar distribusi barang dan jasa untuk mendukung aktivitas ekonomi masyarakat.

Ia mengatakan pemerintah Sulbar sangat berterima kasih kepada maskapai penerbangan Susi Air yang membuka rute penerbangan menuju Mamuju.

Ia berharap agar masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas penerbangan tersebut khususnya masyarakat Sulbar yang berada di Kalimantan.

Ia menyampaikan, Pemprov Sulbar sebelumnya telah menandatangani nota kesepahaman dengan pihak Susi Air untuk pembukaan rute penerbangan Balikpapan menuju Mamuju.

Baca juga: Susi Air layani rute penerbangan Balikpapan-Mamuju
Baca juga: Wings Air berhenti layani penerbangan Tanjung Selor - Balikpapan

Menurut dia, Maskapai penerbangan Susi Air menggunakan pesawat baru melayani rute Balikpapan-Mamuju, sehingga akan menghemat biaya operasional.

Ia menyampaikan dengan adanya layanan rute penerbangan Balikpapan Mamuju tersebut maka masyarakat Sulbar yang akan ke Kalimantan tidak perlu lagi ke Makassar untuk menuju Balikpapan.

"Selama ini masyarakat Mamuju, harus ke bandara Sultan Hasanuddin Makassar yang jaraknya 450 kilometer dari Kota Mamuju, jika ingin menuju Balikpapan, namun ini sudah dapat langsung ke Balikpapan melalui Bandara Mamuju," katanya.

Ia mengatakan, dengan rute penerbangan Balikpapan-Mamuju oleh  Susi Air, maka ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan akan lebih mudah dijangkau.

Gubernur mengatakan, Pemerintah Sulbar telah menjalankan amanat Presiden RI Joko Widodo, untuk membuka akses penerbangan menuju IKN dari Kota Mamuju, dan Mamuju siap menjadi daerah penyangga IKN

"Roda perekonomian masyarakat Sulbar juga akan makin bergerak positif dengan adanya rute penerbangan baru dari dan menuju Balikpapan serta membuat posisi Sulbar semakin strategis sebagainya penyangga IKN," katanya.

Baca juga: Garuda Indonesia layani rute baru Balikpapan--Tarakan

Pewarta: M.Faisal Hanapi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022