Jakarta (ANTARA) - Perusahaan teknologi berbasis artificial intelligence (AI) dan augmented reality (AR) PT WIR Asia Tbk (WIR Group) menggandeng perusahaan penyedia jasa data center colocation PT DCI Indonesia Tbk (DCII) guna mewujudkan perlindungan dan keamanan data di metaverse.

“Kerja sama ini merupakan langkah strategis terkait implementasi teknologi metaverse yang memerlukan dukungan infrastruktur data center yang aman, handal, stabil dan zero downtime," ujar CEO DCI Toto Sugiri dalam acara penandatanganan Master Service Agreement di Bali, dikutip dari siaran pers yang diterima ANTARA di Jakarta, Kamis.

Baca juga: WIR Group raih penghargaan di Mediterranean Tourism Awards 2022

Toto menjelaskan, data center atau pusat data adalah sebuah bangunan yang digunakan untuk menyimpan banyak server dan salah satu fungsinya adalah untuk menampung traffic website atau aplikasi web. Agar traffic website atau aplikasi web lancar, pemilik website harus memilih data center terbaik.

Sementara Executive Chairman & Co Founder WIR Group Daniel Surya mengatakan, kredibilitas perusahaan data center menjadi pertimbangan karena keamanan dan ketersediaan server di dunia digital telah menjadi prioritas utama bagi WIR Group.

"Khususnya perlindungan infrastruktur informasi penting dari ancaman eksternal,” imbuh Daniel.

Nantinya, kerja sama DCII dengan WIR Group dikatakan Toto akan memastikan adanya perlindungan privasi dan keamanan data user yang memasuki dunia metaverse.

"Perlindungan keamanan ini juga telah dimanifestasikan dalam Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (PDP) yang dapat menjadi dasar hukum perlindungan bagi masyarakat dalam penggunaan metaverse nantinya," tambah Toto.

Kerja sama juga memungkinkan WIR Group membangun metadata universe yang akan memudahkan user untuk berinteraksi dalam satu dunia dengan aman dan tanpa hambatan. Metadata sendiri adalah informasi mengenai data dan sangat penting karena nantinya akan digunakan untuk mengidentifikasi data yang sangat aktif berinteraksi.

“Kami di WIR Group akan sentiasa berupaya mengembangkan dan terus menyempurnakan dan mengembangkan metaverse Indonesia baik platform, aplikasi, infrastruktur, maupun keamanan bagi pengguna metaverse di Indonesia,” pungkas Daniel.

Baca juga: WIR Group-APJII bawa kemajuan transformasi digital Indonesia di DEWG

Baca juga: IMG jalin kerja sama dengan perusahaan digital berbasis AR

Baca juga: WIR Group dan Unpad jalin kerja sama kembangkan "eduverse"

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022