Masih ada sedikit yang tersisa dalam diri saya, jadi kita lihat saja. Saya pemain yang cukup bagus
Jakarta (ANTARA) - Serena Williams secara dramatis memperpanjang kariernya dengan kemenangan atas peringkat dua dunia Anett Kontaveit di US Open, Rabu waktu setempat.

Pemenang Grand Slam 23 kali berusia 40 tahun itu menang 7-6(7/4), 2-6, 6-2 di depan penonton Arthur Ashe Stadium Court untuk mencapai babak ketiga turnamen major yang telah dia menangi enam kali tersebut.

Setelah menyatakan bahwa dia sudah "berkembang menjauh dari tenis" setelah 27 tahun berkarier, keinginan Williams untuk pensiun harus tertunda sedikit lebih lama.

Baca juga: Serena Williams masih ingin samarkan rencana pensiun

"Tidak perlu terburu-buru," kata Serena di lapangan ketika diingatkan bahwa dia telah menyatakan diri berada di tahap akhir kariernya, seperti disiarkan AFP.

"Masih ada sedikit yang tersisa dalam diri saya, jadi kita lihat saja. Saya pemain yang cukup bagus. Saya suka tantangan."

"Saya hanya Serena, Anda tahu. Jujur setelah saya kalah pada set kedua, saya berpikir 'ya ampun, saya harus memberikan upaya terbaik saya karena ini mungkin saja'."

Dia menambahkan: "Saya hanya melihatnya sebagai bonus. Saya tidak punya apa-apa untuk dibuktikan. Saya sama sekali tidak akan rugi. Saya memiliki 'X' di punggung saya sejak 1999."

Petenis Amerika itu tiba di lapangan dengan diperkenalkan sebagai "yang terhebat sepanjang masa" oleh penyiar stadion, sementara Kontaveit menunggu dengan sabar di kursinya.

Penyelenggara, yang memberikan sambutan spektakuler dan selebrasi pasca-pertandingan untuk petenis Amerika itu dalam kemenangan emosionalnya pada babak pertama melawan Danka Kovinic, Senin, memilih pesta sederhana kali ini.

Tampak sejumlah bintang menonton laga tersebut, termasuk superstar golf Tiger Woods juga aktris pemenang Emmy Awards Zendaya.

Baca juga: Ambisi gelar US Open ketiga Osaka kandas di babak pertama

Peringkat 609
Sementara itu, Kontaveit, yang dalam karir Grand Slamnya hanya menghasilkan satu penampilan perempat final, tampil mempesona saat memulai laga tetapi Williams dengan cepat menyamakan kedudukan.

Petenis Estonia berusia 26 tahun itu berhasil mendapatkan dua break point pada gim ketiga tetapi kemudian tidak mampu mengonversi salah satu dari miliknya sendiri pada gim keempat.

Kontaveit menyelamatkan empat break point pada gim ketujuh, masing-masing keberhasilan disambut dengan tepuk tangan yang lembut dan sopan dari penonton.

Mantan petenis nomor satu dunia Williams, yang sekarang berperingkat 609, membuat penonton berdiri ketika dia mengonversi break point keenam untuk memimpin 5-4.

Sekelompok penggemarnya yang bersemangat dengan cepat duduk kembali ketika dia langsung memberi break dengan kesalahan ganda.

Williams memainkan tiebreak yang tenang untuk merebut set pembuka setelah 63 menit berkat ace kelima.

Baca juga: Serena Williams tunda pensiun dengan kemenangan babak pertama US Open

Namun, Kontaveit langsung membalas, melakukan double break untuk 3-0 sebelum Williams merebut satu gim, yang menjadi jeda singkat petenis Estionia itu untuk kembali mematahkan servis untuk memimpin 4-1 dalam perjalanannya untuk menyamakan kedudukan.

Williams unggul 2-0 pada set penentuan tetapi kemudian Kontaveit merebut gim berikutnya.

Petenis Estonia itu kembali kehilangan servis saat Williams mengubah kedudukan menjadi 3-1 dan kemudian 4-1 dengan pertahanan yang kokoh.

Kemenangan sudah terlihat pada angka 5-2 dengan Williams memenangi reli 19-pukulan, yang tidak dapat ditahan Kontaveit.

Williams selanjutnya akan menghadapi petenis Australia Ajla Tomljanovic untuk memperebutkan satu tempat di babak 16 besar.

Baca juga: Venus Williams fokus ke ganda setelah kalah di tunggal US Open

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022