Solo (ANTARA) - Festival Payung yang dalam waktu dekat ini diselenggarakan di Kota Solo, Jawa Tengah akan melibatkan puluhan grup seni dan komunitas kreatif dari berbagai daerah di Indonesia.

Direktur Program Festival Payung Indonesia 2022 Heru Mataya di Solo, Kamis mengatakan tepatnya ada sebanyak 81 grup seni dan komunitas kreatif dari 50 kota/kabupaten di Indonesia. Bahkan, akan ada beberapa peserta dari luar negeri, di antaranya Thailand, India, dan Spanyol.

"Khusus peserta dari Sankhampaeng Cultural Centre, Thailand hadir sebagai bentuk komitmen mereka dalam hubungan sister festival antara FESPIN (Festival Payung Indonesia) dengan Borsang Umbrella Festival (Chiang Mai)," katanya.

Baca juga: Dieng Culture Festival diharapkan jadi agenda wisata internasional

Untuk Festival Payung Indonesia 2022 tersebut akan diselenggarakan di Pura Mangkunegaran Solo selama 2-4 September 2022. Kali ini, tema yang diangkat yakni The Kingdom and Umbrella.

Ia mengatakan selama festival para peserta akan menampilkan pameran tradisi dan kreativitas.

"Selama pelaksanaan mereka tidak hanya pameran tetapi juga akan memindahkan workshop mereka di sini (Pura Mangkunegaran)," katanya.

Ia mengatakan festival tersebut diselenggarakan sebagai bentuk komitmen untuk melestarikan payung sebagai tradisi Indonesia. Di sisi lain, diharapkan Festival Payung mampu menumbuhkan kreativitas kolektif masyarakat.

Sementara itu, pada penyelenggaraannya tahun ini, akan dilakukan pula peluncuran sekaligus bedah buku Payung Tradisi Nusantara.

Ia berharap buku tersebut mampu menginspirasi peserta dan masyarakat untuk menggali potensi daerah masing-masing.

"Selanjutnya dapat mengelolanya menjadi bagian dari ekonomi kreatif sekaligus membuka peluang untuk wisata baru dari kekayaan tradisi nusantara," katanya.

Baca juga: Festival Mutiara Mataram jadi agenda pariwisata promosikan UMKM

Baca juga: Dash Sports rayakan HUT ke-2 dengan festival olahraga

Baca juga: Djakarta Festival akan dijadikan agenda tahunan

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022