Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo sempat mengunjungi masjid dan gereja yang terletak di bawah tanah saat berkunjung ke pertambangan bawah tanah PT Freeport Indonesia di Kabupaten Mimika, Papua, Kamis.

Dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis, lokasi Gereja Oikumene Soteria dan Masjid Al Baabul Munawwa itu berada di Deep Mill Level Zone (DMLZ) di bawah tanah di Kabupaten Mimika.

Baca juga: PT Freeport sediakan mushala dan gereja di bawah tanah

Jokowi dan Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, disebut mengagumi masjid dan gereja itu, yang bukan saja unik namun mencerminkan suatu sikap toleransi antar umat beragama yang sangat tinggi itu.

Usai kunjungan singkat itu, Jokowi bersama rombongan melanjutkan perjalanan menuju Grasberg Block Cave (GBC) Underground di Kabupaten Mimika untuk melihat langsung pertambangan bawah tanah.

Baca juga: Warga Intan Jaya mengungsi di gereja dibantu Freeport 5,3 ton sembako

Sebelum menuju lokasi penambangan, dia bersama rombongan mendengarkan penjelasan tentang pengerjaan pertambangan bawah tanah yang disampaikan Senior Vice President Underground PT Freeport Indonesia, Hengki Rumbink.

Untuk menuju lokasi penambangan, rombongan itu harus menaiki elevator shaft yang bisa menampung 300 orang. “Shaft ini bisa mengangkut beban hingga 38 ton dan mencapai ketinggian 225 meter dengan waktu tempuh kurang dari satu menit,” ucap Rumbink.

Baca juga: Presiden Jokowi saksikan penambangan tembaga bawah tanah Freeport

Dari evelator, Jokowi dan Ibu Negara bersama rombongan melanjutkan perjalanan menggunakan kereta khusus dengan menempuh jarak 400 meter. Setelah turun dari kereta, Jokowi kemudian berjalan kaki menuju GBC Unloading Station untuk menyaksikan proses bongkar muat hasil tambang dari kereta listrik tanpa awak.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022