bantuan tersebut merupakan wujud komitmen PTPN V dalam membantu pengembangan ekonomi masyarakat, terutama pelaku usaha mikro dan kecil, dari hulu hingga ke hilir.
Pekanbaru (ANTARA) - Anak perusahaan Holding Perkebunan Nusantara III yang beroperasi di Provinsi Riau, PT Perkebunan Nusantara V (PTPN V) menyalurkan bantuan modal usaha sebesar Rp1,3 miliar kepada kelompok usaha mikro kecil dan menengah yang tergabung dalam KUD Tani Sejahtera di Kabupaten Rokan Hulu untuk memperkuat UMKM di daerah itu.

Senior Executive Vice President Business Support PTPN V Rurianto dalam keterangannya di Pekanbaru, Kamis, mengatakan bantuan tersebut merupakan wujud komitmen PTPN V dalam membantu pengembangan ekonomi masyarakat, terutama pelaku usaha mikro dan kecil, dari hulu hingga ke hilir.

Sebanyak 16 anggota KUD Tani Sejahtera mendapat dukungan penguatan pengembangan usaha, seperti penggemukan ternak, ritel, dan lainnya.

Baca juga: PTPN GROUP siap bangun perekonomian Enrekang, Sulawesi Selatan

Bantuan modal usaha yang diperuntukkan bagi KUD Tani Sejahtera tersebut merupakan yang kedua kali dalam kurun waktu setahun terakhir. Sebelumnya, perusahaan juga menyalurkan modal usaha sebesar Rp1,17 miliar kepada sebagian anggota koperasi tersebut

Mengingat usaha yang dijalankan cukup berkembang sementara pengembalian modal usaha berjalan lancar, maka perusahaan kembali mengalokasikan anggaran serupa yang berasal dari program pendanaan UMK tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL). "Semoga sinergi ini terus terjalin dengan baik, membawa keberkahan dan kesejahteraan bagi semua," ujarnya.

Saat ini, terdapat 2.398 mitra binaan aktif PTPN V yang tersebar di berbagai daerah di Riau. Sejak awal berdiri, perusahaan telah mendistribusikan sedikitnya Rp103 miliar kepada lebih dari 4.000 mitra dengan sektor usaha beragam, mulai dari perdagangan, perkebunan, peternakan, jasa, hingga industri kecil.

Baca juga: Kementerian BUMN dukung rencana PTPN terkait IPO subholding PalmCo

Sementara itu Ketua KUD Tani Sejahtera Muhammad Nurhasan mengakui adalah sebuah kebanggaan koperasi yang ia pimpin dipercaya mengelola dana TJSL PTPN V. Dia juga berharap momentum kerja sama ini dapat menjadi bagian untuk terus meningkatkan organisasi KUD lebih baik di masa mendatang.

"Terimakasih sebesar-besarnya pada PTPN V. Semoga kemitraan ini tetap berlanjut. Kami yakin masih banyak perbaikan yang harus dilakukan dan sinergi ini menjadi momentum untuk perbaikan di masa mendatang," katanya.

Pewarta: Bayu Agustari Adha/Vera Lusiana
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022