pertemuan para pemimpin di bidang ekonomi digital G20 tidak akan berhenti di sini
Nusa Dua, Bali (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G. Plate meyakini pertemuan para pemimpin di bidang ekonomi digital G20 tidak akan berhenti sampai di Digital Economy Ministers Meeting (DEMM).

“Peristiwa ini menjadi hal yang membanggakan bagi kita semuanya, bagi saya khususnya, dan saya meyakini bahwa pertemuan para pemimpin di bidang ekonomi digital G20 tidak akan berhenti di sini,” katanya kepada pers di Nusa Dua, Bali, Kamis.

Menurutnya, kepemimpinan Indonesia dalam forum G20 akan terus bergema di kepemimpinan dunia lainnya, di mana forum berkarya tidak hanya untuk anggota G20 namun juga bagi sisa dunia.

Johnny mengatakan rangkaian Digital Economy Working Group (DEWG) yang digelar selama sekitar enam bulan terakhir, mulai dari pertemuan pertama di Lombok, Yogyakarta, Labuan Bajo, hingga Bali, telah menciptakan kenangan bagi para delegasi yang hadir.

Menurutnya, perpaduan keindahan alam serta keramahan masyarakat menjadi kenangan yang indah serta membawa testimoni dan komentar positif dari para peserta juga para menteri bidang digital G20.

“Pengakuan itu disampaikan juga secara langsung pada saya sebagai apresiasi mereka dan nikmatnya keramahtamahan Indonesia,” kata Johnny.

DEMM merupakan puncak pertemuan DEWG yang membahas isu-isu prioritas ekonomi digital pada presidensi G20 Indonesia.

Pertemuan DEMM dihadiri oleh sembilan menteri atau wakil menteri dan sepuluh pejabat tinggi anggota G20, serta lima menteri atau wakil menteri non-anggota G20 yang hadir sebagai undangan.

Selain perwakilan negara, hadir pula perwakilan dari organisasi internasional termasuk International Telecommunication Union (ITU) serta United Nations Economic and Social Commission for Asia and The Pacific (UNESCAP).

Pertemuan tingkat menteri dan pemimpin bidang ekonomi digital yang diadakan pada Kamis itu telah menghasilkan kesepakatan yang tertuang dalam dokumen “G20 Digital Economy Minister Meetings 2022; Chair Summary”.

Dokumen dari forum DEWG nantinya akan disampaikan sebagai masukan bagi Presiden Joko Widodo dalam memimpin Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan digelar pada November.

Baca juga: Menkominfo tegaskan DEWG bukan wadah bahas politik Rusia-Ukraina

Baca juga: Dokumen "Chair Summary" rangkum kesepakatan tiga isu prioritas DEWG

Baca juga: Pertemuan DEMM G20 hasilkan dokumen "Chair Summary"

Baca juga: Isu arus data lintas negara dapat perhatian luas dari negara G20


Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022