Sidoarjo (ANTARA) -
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) mendorong replikasi layanan di Mall Mini Pelayanan Polri (MMPP) Polresta Sidoarjo, Jawa Timur untuk diterapkan di tempat lain.

Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB Diah Natalisa di Sidoarjo Jawa Timur, Kamis mengatakan segala upaya dan layanan publik yang ada di MMPP Polresta Sidoarjo kelak dapat di replikasi bagi layanan Polri lainnya bahkan unit-unit pelayanan publik se-Indonesia.

Baca juga: Mahfud sebut birokrasi korup dapat menghambat pelayanan publik
 
"Karena integrasi layanan di satu tempat merupakan yang jadi perhatian Kementerian PANRB," katanya saat melakukan kunjungan kerja ke Polresta Sidoarjo.
 
Ia mengatakan, layanan publik yang ditinjau di antaranya layanan vaksinasi COVID-19 dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) keliling online di Pos Polisi Taman Pinang Indah.
 
"Kami mengapresiasi upaya perbaikan maupun peningkatan layanan publik yang dilakukan Kapolresta Sidoarjo beserta anggota dan jajarannya dari tahun ke tahun," katanya.

Ia mengatakan, Kemenpan RB mengapresiasi layanan publik Polresta Sidoarjo, dalam kompetisi inovasi pelayanan publik yang diadakan setiap tahun yakni melalui layanan SKCK online dan SKCK keliling online.
 
"Selalu ada terobosan inovasi pelayanan publik yang dilakukan Polresta Sidoarjo. Seperti halnya di Mall Mini Pelayanan Polri ini. Sarana prasarana begitu lengkap untuk masyarakat, termasuk yang kini kami lakukan adalah pemenuhan sarana prasarana ramah bagi kelompok rentan. Di MMPP Polresta Sidoarjo sejumlah fasilitas bagi kelompok rentan sudah diterapkan," kata Diah Natalisa.
 
Mulai tahun 2022, Kemenpan RB juga akan melakukan evaluasi serta penilaian pada lingkungan kementerian atau lembaga, pemerintah daerah, badan usaha milik negara, badan usaha milik daerah dan kelompok khusus se-Indonesia yang memperhatikan tempat layanan publik, sebagai sarana dan prasarana ramah bagi kelompok rentan.
 

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022